DESIGNED BY OLWEBDESIGN

Profil Pemenang 1 Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Terbuka 2014

Print
Published Date Hits: 987

Cucu rahayu

Cucu Rahayu dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang sederhana, dari keluarga petani yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi, namun Orang tuanya mampu menggodoknya dalam berbagai pengalaman pahit dalam kerasnya hidup, sehingga dia tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan ulet. Selepas menamatkan jenjang pendidikan D3 pada tahun2011, Gadis kelahiran Curup 1 Oktober 1989 ini mulai meniti karir sebagai Staf Honorer di sebuah unit Perpustakaan STAIN Curup selama 2 tahun, kemudian dengan adanya proses rolling kerja, dengan dipercaya untuk menempati posisi sebagai receptionist kurang lebih 6 bulan dan akhirnya sekarang ia dipercaya menjadi seorang verifikator di bagian keuangan hingga saat ini.
Jiwa petualang dan kegemarannya dalam mencari jati diri, membuatnya berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Akhirnya, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka (UT). Menurut ia UT sangat cocok untuk kondisinya saat itu, karena selain berstatus sebagai PTN (Perguruan Tinggi Negeri), di UT biaya perkuliahannya juga dapat terjangkau dengan kondisi perekonomiannya. Dengan uang SPP sebesar Rp. 35.000,- per SKS boleh dibilang “terjangkau”.  Dan yang terpenting, lokasi kerjanya yang tidak jauh dengan lokasi perkuliahan membuat Cucu semakin mudah mengikuti kegiatan layanan akademik UT yang ada di Pokjar Curup. Dengan begitu keinginannya tetap melanjutkan kuliah meskipun sudah bekerja dapat tercapai.
Selama menjadi mahasiswi UT, berbagai pengalaman belajar menjadikan ia semakin giat untuk cepat menyelesaikan studi di Fakultas Ekonomi program studi Manajemen. Proses penyelesaian pendidikan pun tak sama seperti yang dialami teman – temannya yang lainya. Dengan membiayai sendiri administrasi spp dengan cara menyisihkan honorariumnya tiap bulannya, sungguhlah suatu perjuangan yang begitu berat bagi anak ke 3 dari 3 bersaudara ini. Selama kuliah di UT, ia menjumpai banyak teman yang respon terhadapnya. Tidak sedikit mereka juga memberikan bantuan seperti meminjamkan modul, diskusi penyelesaian tugas tutorial dan menginformasikan masalah perkuliahan yang lainnya.
Sampai pada waktunya penyusunan TAP (Tugas Akhir Program) ini pun ia menempuh matakuliah akhir ini dengan dibimbing oleh Muhammad Istan, SE, M.Pd sekaligus beliau adalah pengurus pokjar Non Pendas di Curup. Beliau tak pernah bosan membantu dan memberikan bimbingan akademik agar Cucu dapat menyelesaikan TAP dan Karya ilmiah dengan hasil yang memuaskan. Adapun ide cemerlang dalam penyusunan tugas Karya ilmiah ini, ia peroleh pada saat berkunjung ke salah satu daerah yang ada di bengkulu yaitu di pesisir pantai. Saat itulah ia melihat fenomena wirausaha kecil (mikro) berderet melakukan aktifitas menjajakan dagangannya. Disinilah awal mulanya ia menganalisis lingkungan setempat guna menunjang penyelesaian TAP dan Karilnya. Akhirnya tercetuslah ide dengan judul “Analisi Perbandingan Kinerja Perbankan Ditinjau dari Kemudahan Penyaluran Kredit Mikro pada Nasabah Pesisir Pantai Bengkulu”. Selama 4 bulan lamanya proses demi proses yang saya lewati kesulitan kesulitan yang membuatnya semakin tertantang, pembagian jadwal kerja yang tepat agar tidak menghambat proses penyelesaian TAP dan Karil nya dengan penuh kesabaran akhirnya semuanya dapat terselesaikan dengan baik.
Pada saat itu juga ia memperoleh informasi dari Yusrizal, M.Pd sebagai plh Koordinator BBLBA UPBJJ-UT Bengkulu melalui website UPBJJ, bahwa UT mengadakan ajang lomba karya ilmiah se-Indonesia. Dengan adanya perlombaan ini membuatnya tergugah untuk mengadu keberuntungan dengan mengirimkan data TAP dan Karilnya sesuai persyaratan yang telah ditentukan. Setelah 2 bulan sudah proses berlalu  Senin 22 September 2014, Akhirnya Cucu mendapat berita kemenangan lomba Karya Ilmiah juara 1 terbaik se-Indonesia yang membuat nya mengucap syukur atas kerja keras saya selama ini.
Keberhasilan Cucu ini memberikan makna yang tersendiri bagi para mahasiswa UT lainnya. Bahwa keberhasilan ilmu seseorang tidaklah luput dari kerja keras serta perjuangan yang membuat seseorang semakin bangkit dan tertantang menemukan gagasan baru yang dapat menjadikan sumber pengetahuan baru dan berguna bagi masyarakat banyak. Selanjutnya semua gagasan tersebut hendaklah dapat tertuang dalam sebuah tulisan yang bisa menjadi motivasi bagi teman sejawat lainnya untuk meniru langkah prestasi yang telah dicapai oleh Cucu Rahayu ini.

267759
Pengunjung Hari ini
Total Pengujung
101
267759
Tanggal : 2017-09-23 05:24:50

Lokasi UT Bengkulu

Media Sosial UT Bengkulu


 facebook-icon    google plus     twitter-bird-icon-logo-vector-400x400