Rapat Koordinasi Pengurus Pokjar UT Bengkulu Tahun 2020

RAPAT KOORDINASI PENGURUS POKJAR UT BENGKULU 2020 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KAPASITAS DAN PELAYANAN PRIMA KE MAHASISWA DENGAN MENGEDEPANKAN INTEGRITAS

Rapat koordinasi pengurus pokjar Universitas Terbuka (UT) Bengkulu merupakan suatu agenda rutin yang dilakukan oleh UT Bengkulu pada setiap awal tahun untuk dapat berkoordinasi dengan pengurus pokjar seluruh provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kebijakan-kebijakan terbaru dari UT guna diaplikasikan dalam perekrurtan mahasiswa baru dan pengeloaan mahasiswa agar dapat lulus dan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan beragam metode pelayanan yang telah disediakan oleh UT. Rapat koordinasi pada tahun 2020 ini dilaksanakan di Ball Room Gading Cempaka Hotel Santika Bengkulu pada Tanggal 25-26 Januari 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengurus POKJAR PENDAS maupun Non PENDAS yang berjumlah 23 Pengurus Kelompok Belajar Se-Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut diawali dengan registrasi perserta dan dilanjutkan dengan acara pembukaan yang langsung dibuka oleh direktur UT Bengkulu yaitu Dr. Yumiati.,M.Si. Pada sesi pertama dilanjutkan dengan penyajian materi dari Manajer Registrasi dan Assement yaitu Hasrul Izwan.,S.IP dengan memaparkan evaluasi kinerja POKJAR pada tahun 2019 mencakup melakukan sosprom (sosialisasi promosi) dan edukasi kepada mahasiswa, pengelolaan mahasiswa (rekruitmen, registrasi, layanan & bantuan belajar, pelaksanaan ujian dan UPI/Wisuda), serta penyediaan sarana prasarana pembelajaran bagi mahasiswa. Harapannya ke depan agar kegiatan SOSPROM dapat dilakukan secara efektif agar UT Bengkulu dapat mencapai target yang diberikan UT Pusat dalam membantu mencapai Satu Juta Mahasiswa pada masa yang akan datang. Pemaparan kemudian dilanjutkan oleh Manager Bantuan Belajar dan Bahan Tutorial yaitu Ibu Dwi Kristanti.,S.Sos.,M.PA dengan mengevaluasi kinerja Pokjar dari sisi Layanan Bantuan Belajar baik Tutorial Tatap Muka (TTM) maupun ditribusi bahan ajar agar dapat ditingkatkan di tahun 2020.

Perlu diketahui bahwa UT Bengkulu merupakan penyelengara TTM terbesar se Indonesia. Kemudian dilakukan diskusi yang mendalam mengenai hasil evaluasi tersebut dan para pengurus pokjar memberikan masukan mengenai hal-hal yang dialami selama di lapangan dan dipecahkan secara bersama-sama. Pada sesi kedua pada malam hari setelah rehat sholat magrib dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kapala Sub Bagian Tata Usaha yaitu Ibu Lenie Desliesa.,S.E mengenai keuangan POKJAR. Pada sesi malam kemudian dilanjutkan kembali dengan diskusi dan tanya jawab kepada para manager dan direktur UPBJJ UT Bengkulu. Keesokan harinya dilakukan Penandatanganan Kontrak pengurus pokjar dan pakta integritas Pengurus POKJAR Universitas Terbuka yang bertugas pada tahun 2020-2021. Pengurus Pokjar merupakan salah satu mitra strategis Universitas Terbuka, jadi apabila ada problematika dalam hal pengelolaan mahasiswa pihak UT Bengkulu selalu siap menerima kritik saran dan memberikan pembimbingan kepada seluruh pengurus pokjar agar dapat terus bersinergi demi memajukan Universitas Terbuka.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *