Perjanjian Kerjasama UT Bengkulu dengan Bupati Bengkulu Tengah

SIAPKAN SDM UNGGUL DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH, UT BENGKULU TANDATANGANI PERJANJIAN KERJASAMA
DENGAN BUPATI BENGKULU TENGAH

Menjelang pelaksanaan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Periode I Tahun 2020, Universitas Terbuka (UT) Bengkulu mengadakan Temu Wicara dan Seminar pada tanggal 17 Februari 2020 di Aula Hotel Adeeva Kota Bengkulu. Temu wicara dipimpin oleh Direktur UT Bengkulu, Dr. Yumiati, M.Si., didampingi oleh Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Dwi Kristanti, S.Sos., M.PA., serta Manajer Registrasi dan Asesmen, Hasrul Izwan, S.IP. Temu wicara diawali dengan memperkenalkaan pengelola di UT Bengkulu, kemudian dilanjutkan perkembangan UT dari masa ke masa, yang disampaikan oleh Direktur UT Bengkulu. Temu wicara ini menjadi ajang bagi lulusan untuk memberi masukan yang membangun bagi kemajuan UT khususnya UT Bengkulu ke depan.

Seminar dengan tema “Menciptakan SDM Unggul untuk Indonesia Maju” menghadirkan pembicara Bupati Bengkulu Tengah Dr. Fery Ramli, SH, MH., serta Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Surya Ofiana, SE., M.Si. Fery Ramli menyampaikan bahwa setiap orang harus mempunyai keyakinan untuk mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Oleh karena itu, kita harus selalu mengembangkan diri, tetap semangat, dan terus berjuang. Sementara itu, Surya Ofiana menyampaikan bahwa sumber alam di Bengkulu sangat bagus, SDM Bengkulu harus dapat memanfaatkannya sehingga menjadi sumber penghasilan daerah yang besar. Beliau mencontohkan kopi Bengkulu sangat terkenal sampai tingkat dunia. Namun brandnya tertera dari provinsi bukan Bengkulu. Oleh karena itu, SDM Bengkulu harus mampu mengembangkan sendiri, sampai dunia tahu kopi tersebut adalah produk Bengkulu.

Sekaligus dalam kegiatan seminar ini dilaksanakan Perjanian Kerjasama (PKS) antara Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah dengan UT Bengkulu. PKS berkenaan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi khusus peningkatan kualitas Perangkat Desa. Perangkat Desa di Pemda Bengkulu Tengah akan diikutkan dalam Program Pendidikan Berkelanjutan (PBB). Dua program yang ditawarkan UT untuk Perangkat Desa adalah Program Pelatihan Kepemimpinan Desa dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Setiap program dilaksanakan paling lama satu semester. Mata Ajar yang diperoleh selama pelatihan dapat ditransfer ketika peserta melanjutkan kuliah S1 di UT Program Studi Ilmu Administrasi Negara atau Ilmu Pemerintahan. Di samping itu, kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa UT akan diarahkan ke Bengkulu Tengah. Setelah penandatanganan PKS, acara dilanjutkan dengan pengenalan Ikatan Alumni (IKA) UT.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *