Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) 22 Februari 2020

Antusias 197 Mahasiswa Universitas Terbuka Mengikuti Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)

UPBJJ-UT Bengkulu mengadakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) bagi mahasiswa Program Sarjana dan Diploma FST, FE, FHISIP, dan FKIP masa registrasi 2019/20.2 pada tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Aula Kantor Universitas Terbuka (UT) Bengkulu. Peserta OSMB ini berasal dari Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Seluma sebanyak 197 mahasiswa baru. Kegiatan OSMB ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan Universitas Terbuka kepada mahasiswa baru.

Kegiatan OSMB ini secara resmi dibuka oleh Direktur UT Bengkulu, Dr. Yumiati, M.Si. pada pukul 07.30 WIB. Dalam sambuatannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan OSMB ini adalah wajib diikuti oleh mahasiswa baru yang nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). OSMB hampir sama dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek), namun bedanya kalau dalam OSMB di UT, mahasiswa baru lebih dikenalkan pada sistem pembejaran UT. Sistem pembelajaran UT yang terbuka dan jarak jauh memiliki ciri tersendiri dibandingan pembelajaran tatap muka. Mereka dituntut untuk belajar mandiri, dan menguasai pembelajaran online. Oleh karena itu, dalam OSMB, mahasiswa baru dikenalkan dengan sistem belajar terbuka dan jarak jauh, pembelajaran online, dan penggunaan fitur-fitur dalam website UT. Dengan kegiatan ini, mahasiswa baru diharapkan mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berkualitas dengan sistem pembelajarannya yang inovatif dengan fasilitas-fasilitas yang memadai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin modern, sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk belajar secara mandiri.

Materi pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa baru, meliputi mengenal UT lebih dekat yang disampaikan oleh Dr. Yumiati, M.Si. selaku Direktur UT Bengkulu, kemudian dilanjutkan dengan materi bidang registrasi dan ujian, penjelasan cara belajar cerdas dengan memanfaatkan modul, penjelasan Layanan Bantuan Belajar, Tutorial Tatap Muka, Aktivasi dan Akses Tutorial online, dan praktek langsung pengaktifan akun Sistem Informasi Akademik (SIA) yang dipandu oleh staf ICT UT Bengkulu. Mahasiswa baru tampak antusias dan bersemangat mendengarkan materi-materi pembekalan yang disampaikan oleh pemateri.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di Universitas Terbuka dengan baik dan mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan. Aaamiiiin

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *