PELATIHAN KETERAMPILAN BELAJAR JARAK JAUH (PKBJJ) BEKAL MAHASISWA BARU DALAM BELAJAR MANDIRI

Pada masa registrasi mahasiswa baru 2020.1 ini, Universitas Terbuka (UT)-Bengkulu kembali menerima mahasiswa baru dari berbagai program studi yang ada di FHISIP, FST, FE dan FKIP. Selain itu UT Bengkulu juga menerima mahasiswa baru program Pascasarjana Magister Managemen dan Magister Administrasi Publik yang berjumlah 5 orang yang tersebar di seluruh kabupaten/ kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Untuk memberikan pengetahuan mengenai Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPTJJ) yang diterapkan di UT maka UT Bengkulu melakukan sosialisasi melalui acara EKBM (Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri) yang meliputi kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh). Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa baru dapat mempunyai bekal kesiapan, ketahanan, dan keberhasilan studi mahasiswa baru dalam menempuh studi di UT.

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang disajikan oleh Dosen dan staf Universitas Terbuka Bengkulu sebagai pematerinya bertujuan agar mahasiswa baru dapat terampil dalam menyusun rencana belajar, cara belajar mandiri, dan belajar secara detail tentang layanan UT Online. Materi tersebut antara lain yaitu : Cara menyusun rencana belajar mandiri di UT, Cara cepat dan tepat membaca modul dan membuat ringkasan / rekaman hasil baca, kiat sukses mempersiapkan Ujian Akhir Semester (UAS) dan Mengenal lebih detail tentang layanan UT Online, diantaranya Registrasi Online, Tutorial Online, Toko Buku Online, Website UT, Website UPBJJ, Perpustakaan Digital, Ruang Baca Virtual, Bahan Ajar Digital, Sumber Pembelajaran Terbuka (SUAKA) UT, UT TV, UT Radio, dan layanan online lainnya. Materi-materi tersebut diberikan seharian penuh yang kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung di ruangan laboratorium komputer, dengan jumlah komputer yang memadai dan fasilitas internet yang bagus untuk bisa mengakses layanan-layanan Universitas Terbuka di web sia.ut.ac.id.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak pada tanggal 8-9 Maret 2020 di beberapa kabupaten seperti untuk mahasiswa baru Curup, Kepahiang dan Lebong diadakan di SMKN 2 Rejang Lebong, mahasiswa baru Mukomuko dan Ipuh di SMPN 13 Mukomuko, mahasiswa baru Ketahun dan Argamakmur SMAN 2 Argamakmur dan mahasiswa baru Manna dan Kaur di SMKN 1 Manna. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh mahaiswa baru yang akan memulai menempuh studi di Universitas Terbuka dengan target penyelesaian studi yang tepat waktu.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *