UT BENGKULU BEKALI MAHASISWA PRAKTIK/ PRAKTIKUM MASA 2020.1

Upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan praktik/ praktikum di UT Bengkulu terus dilakukan. Salah satu bentuk kegiatan yang rutin dilakukan adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang registrasi mata kuliah praktik dan praktikum. Tahapan yang dilakukan diawali dari pemetaan mata kuliah yang diregistrasi mahasiswa masa 2020.1 di setiap kelompok belajar (Pokjar). Selanjutnya tim dosen UT Bengkulu yang terdiri dari Direktur UT Bengkulu Ibu Dr. Yumiati, M.Si. (FKIP), Dwi Kristanti, S.Sos, M.PA (FHISIP), Pamela Mikaresti, S.Pd., M.Pd. (FKIP), Herry Novrianda, SE, MM (FE), M.Jeffri Arlinandes Chandra, SH. MH (FHISIP), dan Timbul Rasoki, SP., M.Si (FST) berkolaborasi dalam menyiapkan materi pembekalan dan melakukan penyamaan persepsi terkait bahan materi yang akan disampaikan kepada pembimbing dan mahasiswa.

Tahap selanjutnya dilakukan penyamaan persepsi dengan para pembimbing praktik/ praktikum guna menyatukan pemahaman terkait pedoman/panduan dan efektifitas pelaksanaan praktik di lapangan. Beberapa hal yang paling ditekankan dalam pembekalan praktik/ praktikum ini adalah bagaimana memotivasi mahasiswa untuk lebih giat dalam membaca dan memahami buku panduan, administrasi yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan praktik/ praktikum. Penentuan lokasi di mana mahasiswa melaksanakan praktik juga harus sudah dilaporkan ke UT Bengkulu paling lambat satu minggu setelah pertemuan/ bimbingan pertama dilakukan. Tujuannya untuk memudahkan perencanaan pelaksanaan monitoring pelaksaan praktik/ praktikum di seluruh wilayah pokjar UT Bengkulu.

Antusiasme mahasiswa dalam kegiatan koordinasi praktikum/ praktikum masa 2020.1 ini cukup tinggi. Meskipun lokasi pelaksanaan koordinasi ini disentrakan di 3 (tiga) lokasi yakni Argamakmur, Curup dan Manna dan diadakan serentak pada tanggal 7 Maret 2020, namun tingkat kehadiran mahasiswa sudah mencapai 65%. Dalam pelaksanaan koordinasi ini, berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa ditanggapi dengan baik oleh pihak UT Bengkulu yang hadir, sesuai dengan standar operasional prosedur pelaksanaan praktik/ praktikum yang berlaku. Melalui kegiatan pembekalan dan koordinasi ini diharapkan pelaksanaan praktik/ praktikum masa 2020.1 ini berjalan lancar sesuai dengan panduan, serta kompetensi yang diharapkan setelah mahasiswa selesai melaksanakan paraktik/ praktikum ini dapat tercapai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *