EVALUASI DAN PEMBEKALAN MAHASISWA BEASISWA UT BENGKULU 2020

Dalam rangka Optimalisasi pencapaian hasil belajar mahasiswa penerima beasiswa UT Bengkulu, maka telah dilaksanakan Evaluasi dan Pembekalan mahasiswa beaiswa UT Bengkulu di Aula Kantor UPBJJ UT Bengkulu. Pelaksanaan evaluasi dan pembekalan ini telah dilaksanakan hari Jumat tanggal 13 Maret 2020 dan dibuka langsung oleh Direktur UPBJJ UT Bengkulu Ibu Dr. Yumiati, M.Si. Evaluasi dan pembekalan ini telah dihadiri oleh 118 Mahasiswa penerima beasiswa, yang terdiri dari 57 mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Jurusan Ilmu Administrasi, agribisnis dan ilmu administrasi Negara, 22 mahasiswa penerima beaiswa CSR jurusan ekonomi pembangunan, 20 mahasiswa penerima beasiswa Lemdiklat Polri, dan 2 mahasiswa penerima beasiswa Surya Madistrindo jurusan manajemen dan ilmu komunikasi.

Dalam sambutannya, Direktur UPBJJ UT Bengkulu Ibu Dr. Yumiati, M.Si menghimbau seluruh mahasiswa beasiswa UT Bengkulu agar terus meningkatkan hasil belajarnya serta mempertahankan nilai IPK yang sudah baik agar terus dipertahankan. Sebab, kuota penerima beasiswa UT Bengkulu untuk tahun selanjutnya akan ditentukan oleh pencapaian prestasi akademik yang diperoleh oleh mahasiswa penerima beasiswa saat ini. Selain itu, beliau juga berpesan agar seluruh mahasiswa beasiswa UT Bengkulu terus mengembangkan diri sesuai bakat dan prestasinya masing-masing tidak hanya di bidang akademik melainkan juga di bidang nonakademik. Harapannya, seluruh mahasiswa UT Bengkulu khususnya mahasiswa penerima beasiswa tidak hanya cerdas intelektual saja tetapi juga memiliki kecerdasan sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara yang dimulai Pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WIB ini juga memaparkan diagram hasil studi mahasiswa penerima beasiswa secara keseluruhan oleh Manajer Registrasi dan Asesmen Bapak Hasrul Izwan, S.IP. yang dimulai dari pemaparan hasil studi mahsiswa semester 2 (dua) hingga semester 8 (delapan). Bapak Izwan juga menegaskan bahwa setiap mahasiswa harus memahami sistem dan aturan perkuliahan yang ada di UT sebelum menyusun strategi pembelajaran agar mendapatkan nilai yang baik. Beliau juga mensosialisasikan pada mahasiswa khusus semester 2 (dua) dan 3 (tiga) nanti akan diadakan Klinik Ujian Mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang nilainya rendah. Klinik ujian ini berupa strategi dari UT untuk mengkaji permasalahan yang ada pada mahasiswa yang nilainya rendah serta mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Selanjutnya, dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Manajer Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar Ibu Dwi Kristanti, S.Sos, M.PA juga mengumumkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa beasiswa yang terbaik. Terbaik pertama diperoleh oleh Hengki Jurusan Ilmu Hukum dengan IPK 3.66 penerima Beasiswa Lemdiklat Polri yang bekerja sebagai Polisi Daerah Bengkulu, peraih terbaik kedua diperoleh Witri Epilia Pratiwi Jurusan Ekonomi Pembangunan dengan IPK 3.52 penerima Beasiswa CSR yang bekerja sebagai wiraswasta, terbaik ketiga diperoleh Febilla Dwiana Ardhisty Jurusan Ilmu Admintrasi Negara dengan IPK 3.50 penerima Beasiswa Bidikmisi yang bekerja sebagai wiraswasta. Ketiga mahasiswa peraih IPK terbaik ini mendapatkan bingkisan dari pihak UT Bengkulu sebagai bentuk apresiasi atas usaha belajar yang dicapai. Ibu Dwi Kristanti menyebutkan bahwa ketiga mahasiswa peraih nilai terbaik ini sejatinya menggambarkan karakteristik mahasiswa UT yang sebenarnya, mereka mampu membuktikan bahwa selain berkegiatan dan bekerja mereka mampu mencapai nilai yang terbaik. Hasil dari evaluasi dan pembekalan mahasiswa beasiswa UT Bengkulu 2020.1 ini diharapkan dapat memberi motivasi belajar serta meningkatkan prestasi belajar mahasiswa beasiswa UT Bengkulu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *