DESIGNED BY OLWEBDESIGN

Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar

Print
Published Date Hits: 8570
 UT menjamin kualitas layanan bantuan belajar untuk memastikan bahwa proses belajar mahasiswa difasilitasi sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai teknologi informasi dan komunikasi dalam beragam bentuk yang dapat diakses oleh mahasiswa.
  1. Beragam bentuk layanan bantuan belajar disediakan agar mahasiswa memiliki kebebasan untuk memanfaatkan layanan belajar yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi mahasiswa.
  2. Berbagai layanan bantuan belajar dirancang dan diberikan agar mudah diakses melalui berbagai media.
  3. Layanan bantuan belajar dirancang sesuai dengan prinsip keterbukaan dan pendidikan tinggi terbuka jarak jauh.
  4. Layanan bantuan belajar diselenggarakan secara terstandar sesuai pedoman yang ditetapkan.
  5. Tutorial diberikan oleh tutor yang terakreditasi.
  6. Kemajuan belajar mahasiswa dimonitor dengan mekanisme yang jelas dan konsisten termasuk mendapatkan umpan balik  atas hasil belajarnya secara tepat waktu.
  7. Kinerja tutor dipantau secara berkala oleh pihak terkait disertai dengan pemberian umpan balik tentang kinerjanya.
  8. Pelayanan konseling disediakan sebelum dan selama proses pembelajaran melalui beragam metoda dan media yang mudah diakses mahasiswa.
  9. Konseling diberikan oleh staf yang kompeten.
  10. Monitoring dan evaluasi terhadap seluruh layanan bantuan belajar mahasiswa dilakukan dengan menggunakan mekanisme yang jelas.
Selain menggunakan bahan ajar cetak dan non cetak sebagai media utama pembelajaran jarak jauh, UT menyediakan layanan bantuan belajar interaktif berupa tutorial guna memperkaya materi dan meningkatkan keberhasilan belajar mahasiswa. Untuk menjamin efektivitasnya, proses tutorial divalidasi dengan memastikan kompetensi tutor dan menyediakan acuan kerja (RAT-SAT).
Layanan tutorial untuk semua mata kuliah disediakan secara online yang dapat diikuti mahasiswa dengan mengakses jaringan internet. Partisipasi dalam tutorial online (tuton) bagi mahasiswa jenjang diploma dan sarjana (S1) bersifat pilihan. Pelaksanaan tuton dikoordinir oleh PD III masing-masing Fakultas dan sedangkan prosesnya dikelola oleh LPBAUSI sesuai Prosedur Tutorial Online.
Walaupun sejatinya tidak perlu ada pembelajaran secara tatap muka, namun untuk beberapa matakuliah pada program Pendas yang dinilai sulit, UPBJJ-UT diwajibkan menyelenggarakan tutorial berupa tutorial tatap muka (TTM) agar dapat diikuti oleh mahasiswa program Pendas yang membutuhkan. Karena keterbatasan sumber daya, kegiatan TTM dilaksanakan bekerja sama dengan mitra kerja untuk menyediakan lokasi. Lokasi TTM dipilih dan dievaluasi untuk mendapatkan lokasi dengan sarpras dan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran.
Tutor TTM pun memanfaatkan dosen ataupun tenaga profesional setempat yang dipilih dan dievaluasi per semester untuk memastikan kompetensinya. Bilamana dibutuhkan, sekelompok mahasiswa dapat meminta layanan TTM untuk mata kuliah selain yang memang sudah wajib disediakan. TTM Atpem ini dapat dilakukan baik program Pendas maupun Non Pendas yang dilaksanakan di masing-masing kelompok-kelompok belajar (pokjar).
Beberapa mata kuliah yang ditawarkan Universitas Terbuka merupakan mata kuliah yang sebagian maupun seluruh metode belajarnya menggunakan kegiatan praktek/praktikum. Guna membantu mahasiswa melaksanakan kegiatan praktek/praktikum tersebut, UPBJJ-UT memberikan layanan pengelolaan dan bimbingan praktek/praktikum. Kegiatan praktek/praktikum dilaksanakan bekerja sama dengan mitra kerja sebagai penyedia lokasi dan pembimbing praktek/praktikum. Mitra kerja dipilih dan dievaluasi untuk memastikan kesesuaian sarpras lokasi dan kompetensi pembimbingnya. Proses bimbingan praktek/praktikum dikelola oleh LPBAUSI dengan mengacu pada:
  • Prosedur Penyelenggaraan Bimbingan Praktek PKM & PKP Program Pendas dan Non Pendas
  • Prosedur Bimbingan Praktek/Praktikum Non Pendas
  • Prosedur Pengelolaan Penilaian Laporan Praktek dan Praktikum di UPBJJ-UT
Prasarana, Media, Dan Sumber Belajar
UT menjamin kualitas beragam media yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa secara efektif dengan memanfaatkan prasarana, media, dan sumber belajar berdasarkan latar belakang pengetahuan mahasiswa, persyaratan materi, akses mahasiswa ke teknologi, desain pedagogi mata kuliah, dan keterbatasan media.
  1. Beragam media dan teknologi pembelajaran yang sesuai dengan materi mata kuliah dimanfaatkan untuk meningkatkan dan memperluas kesempatan belajar.
  2. Berbagai media dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mahasiswa, dimanfaatkan untuk memudahkan akses mahasiswa.
  3. Konsekuensi pilihan media diinformasikan kepada mahasiswa.
  4. Bantuan teknis penggunaan media disediakan untuk tutor dan mahasiswa.
  5. Bahan ajar merupakan media pembelajaran utama dalam sistem pendidikan tinggi jarak jauh.
Dengan tersedianya bahan ajar, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri. Puslaba mengelola sediaan bahan ajar dan distribusinya sesuai Prosedur Penerbitan DO & Pengendalian Stok dan Prosedur Perakitan dan Distribusi Bahan Ajar. Karena program Pendas, Beasiswa dan Pascasarjana menggunakan perkuliahan sistem paket per semester, maka bahan ajarnya pun disediakan dalam paket dan didistribusikan melalui UPBJJ sesuai data registrasi terakhir. Sedangkan untuk program Non Pendas, bahan ajar dijual melalui Toko Buku Online yang dikelola oleh Koperasi Karyawan Universitas Terbuka (Karunika) sebagai rekanan UT. Untuk memastikan kesesuaian dan efektivitas distribusi bahan ajar Non Pendas, UT melakukan audit dan evaluasi kinerja Karunika secara periodik.
 
 
 

Lokasi UT Bengkulu