DESIGNED BY OLWEBDESIGN

Orientasi Studi Mahasiswa Baru dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu

Print
Published Date Hits: 614

 

OSMBPendas20171

UPBJJ-UT Bengkulu mengadakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), Mahasiswa Program S1 PGSD dan PGPAUD semester 2016/2017.2. Kegiatan berlangsung di aula Kantor UPBJJ-UT Bengkulu hari Sabtu, tanggal 01 April 2017. Peserta OSMB ini diikuti oleh 160 mahasiswa baru program S1 PGSD dan PGPAUD.
    Dalam pemaparannya Kepala UPBJJ-UT Bengkulu Dr. H. Sugilar menerangkan berbagai hal tentang lingkungan belajar Universitas Terbuka yaitu mengenai belajar mandiri dan keunggulan berupa fleksibilitas belajar di Universitas Terbuka. Serta mengenai kumpulan fasilitas di UT-Online, perihal hasil belajar dan penjelasan soal kompetensi lulusan dari UT.
    “Hal ini dimaksudkan supaya mahasiswa baru mengenali dan kedepannya mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar di UT. Sebab lingkungan belajar UT yang merupakan universitas dengan program beajar jarak jauh, tentu berbeda dengan lingkungan belajar universitas konvensional,” katanya
    Kegiatan OSMB  program S1 PGSD dan PGPAUD ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan cepat terhadap sistem pembelajaran di Universitas Terbuka. Mahasiswa baru diharapkan mendapatkan pengetahuan lebih dalam tentang Perguruan tinggi Negeri yang berkualitas dengan sistem  pembelajarannya yang inovatif dengan fasilitas-fasiltas yang memadai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin modern sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk belajar mandiri.
Dalam kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Ade Erlangga M., M.Si dalam menyampaikan materinya, juga menjelaskan betapa pentingnya pendidikan bagi manusia karena dapat menciptakan manusia yang berkualitas, berintelektual dan jauh dari kebodohan. “Pendidikan adalah fondasi bagi kemajuan sebuah bangsa sumber daya manusia yang akan mengatur, dan mengolah sumber daya alam yang ada. Apalagi mahasiswa baru program studi PGSD dan PGPAUD Universitas Terbuka yang saat ini sudah berstatus sebagai guru”, katanya.
Lebih lanjut Ade menjelaskan, peran guru yang pertama dan utama adalah sebagai pendidik. Guru bisa menjadi agen perubahan di dalam masyarakat. Sebagai pengagas atau mengkomunikasikan ide-ide untuk pembangunan masyarakat. Untuk itu beliau berharap supaya mahasiswa baru program S1 PGSD dan PGPAUD lebih giat dalam menjalankan setiap proses perkuliahan di UPBJJ-UT Bengkulu.
     Selain itu kedua pemateri lainnya, yakni koordinator BBLBA Yusrizal, M.Pd dan koordinator regjian, Lina Asnamawati, M.Si  mengemukakan tentang tutorial tatap muka dan tutorial online dan menjelaskan tentang tata tertib saat ujian di Universitas Terbuka serta perihal mengenai ujian online.
Acara ini ditutup secara resmi pada pukul 15.00 oleh Kepala UPBJJ-UT Bengkulu, dilanjutkan pemberian kalender Universitas Terbuka kepada mahasiswa yang hadir pada acara OSMB.