PROFIL – DIREKTUR UPBJJ UT BENGKULU

Dr. Yumiati, M.Si

“Hidup sebagai ladang ibadah dan bermanfaat bagi orang lain” demikian motto  Dr. Yumiati, M.Si., Direktur UPBJJ-UT Bengkulu periode tahun 2017 – 2021. Sosok dengan panggilan “Yumi” ini lahir di Jakarta pada tanggal 31 Juli 1965.

Tampilannya yang kelihatan serius ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya. Dari S1 sampai S3, Dr. Yumiat, M.Si. mengambil jurusan Matematika. Gelar sarjananya di peroleh di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang sekarang bernama UNJ (Universitas Negeri Jakarta) pada tahun 1989 pada program studi Pendidikan matematika. S2 ditempuhnya di Universitas Gajah Mada (UGM) dan mendapat gelar master pada tahun 2000 dengan program studi Matematika. Sementara itu, gelar Doktor diperolehnya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2015 dengan program studi yang sama yaitu Pendidikan Matematika. Bahkan suaminyapun memiliki latar belakang yang sama yaitu dari S1 sampai S3 berasal dari program studi Pendidikan Matematika.

Wanita yang pernah mendapat penghargaan dosen berprestasi peringkat pertama UT pada tahun 2009 ini memulai karirnya di UT sebagai dosen biasa pada tahun 1991. Selanjutnya pada tahun 2000 sampai 2004, beliau diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UT. Masyarakat  FKIP-UT kembali memberi kepercayaan kepada beliau untuk menjabat sebagai Sekretaris Jurusan PMIPA  pada tahun 2004 sampai 2008. Dan sebelum beliau mengambil studi S3, jabatan nya adalah Ketua Jurusan PMIPA FKIP-UT dari tahun 2008 sampai 2011. Sepulang dari studi S3 di Bandung, beliau terpilih menjadi anggota senat Fakultas dan senat Universitas pada tahun 2016. Dan terakhir pada tahun 2017 sampai sekarang, beliau diangkat sebagai Direktur UPBJJ-UT Bengkulu.

Sosok yang sangat suka makan bakso ini memandang mahasiswa Universitas Terbuka  khususnya di Bengkulu harus berani bersaing dengan mahasiswa lain dalam bidang apapun. Dengan bekal kemandirian belajar yang menjadi ciri khas sistem belajar di UT, serta dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi dalam setiap proses pembelajarannya dapat menjadikan mahasiswa UT memiliki kelebihan dibandingkan mahasiswa lain. Dr. Yumiati, M.Si. sangat berharap, di bawah kepemimpinannya UT di Bengkulu semakin lebih dikenal masyarakat luas, dan UT menjadi pilihan bagi generasi milenia untuk melanjutkan studi di perguran tinggi.

PROFIL – MANAGER KEUANGAN DAN UMUM UPBJJ UT BENGKULU

Lenie Desliesa, SE

Perempuan kelahiran Lubuk Linggau 29 Januari 1980 ini dilantik sebagai Manager Keuangan dan Umum UPBJJ-UT Bengkulu pada tanggal 30 Maret 2017 untuk periode 2017 sd 2021. “ Bekerja itu yang penting ikhlas dulu karena nilai dari ikhlas itu pasti akan ikut dengan sendirinya” itu prinsipnya dalam bekerja selama 15 tahun sudah mengabdikan diri di UPBJJ-UT Bengkulu, karena selama kita menganggap bekerja itu adalah kewajiban dan Ibadah kita kepada Allah SWT, Insyaallah semuanya akan selalu senang untuk dijalani.

Harapannya ke depan UT itu tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat, karena UT akan memberikan solusi bagi masyarakat dimanapun berada untuk menimba ilmu dan menjadikan UT sebagai pilihan terbaik dalam mengejar cita-cita dan harapan bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikan akan tetapi terkendala dengan waktu dan biaya, karena dengan kuliah di UT semua bisa berjalan berdampingan antara bekerja dan belajar. Semoga UT akan selalu menjadi kebanggaan bagi kita semua.

PROFIL – MANAGER TUTORIAL DAN BAHAN AJAR UPBJJ UT BENGKULU


Dwi Kristanti, S.Sos., MPA

Dwi Kristanti, S. Sos., MPA, akrab dipanggil Bu Dwi, lahir di Jawa Tengah pada tanggal 19 April 1981. Menyelesaikan pendidikan di SDN 68 Kota Bengkulu pada tahun 1993, SMPN 11 Kota Bengkulu tahun 1996, SMUN 5 Kota Bengkulu tahun 1999. Selanjutnya melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Bengkulu dan merupakan angkatan pertama pada Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIPOL Universitas Bengkulu serta berhasil diwisuda pada tahun 2003. Akhir tahun 2013 behasil menyelesaikan pendidikan Master Ilmu Administrasi Publik pada Jurusan Pascasarjana Manajemen dan Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Wanita yang mempunyai motto “Perbuatan Baik Tidak Akan Sia-Sia di Sisi Allah SWT” ini aktif mengembangkan karirnya dengan mengikuti berbagai pelatihan. Diantaranya Penelitian Kelembagaan bagi Dosen UPBJJ, Penguatan Kerja Sama Tim, Pelatihan Tim Inti Pelatih Tutor TTM Universitas Terbuka, Sertifikasi Dosen, Pembekalan Tutor Tuton Program S1/Diploma Tahun 2019 Wilayah Bengkulu, serta pelatihan peningkatan Program Kreatifitas Kemahasiswaan di Universitas Terbuka.

Pada tahun 2008 memulai karirnya di Universitas Terbuka sebagai staf akademik (dosen) di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FHISIP Universitas Terbuka dpk UPBJJ-UT Padang. Pada tahun 2015 sampai 2018, beliau diberi kepercayaan sebagai Penanggung Jawab Bidang Registrasi dan Ujian pada Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Padang. Selanjutnya 1 Oktober tahun 2018 sampai sekarang, Pimpinan Universitas Terbuka memberi kepercayaan kepada beliau untuk menjabat sebagai Manager Tutorial dan Bahan Ajar pada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Bengkulu.

Sosok dengan karakter tegas dan humoris ini mempunyai hobi traveling. Baginya mahasiswa Universitas Terbuka khususnya di UT Bengkulu harus mempunyai kemauan dan kemampuan bersaing dengan mahasiswa universitas lainnya. Mahasiswa dan alumni Universitas Terbuka harus menjunjung tinggi nama baik almamaternya. Mahasiswa Universitas Terbuka harus melek informasi dan teknologi, sehingga mahasiwa dan alumni Universitas Terbuka dapat berkiprah di masyarakat yang semakin modern. Bu Dwi sangat berharap, di bawah kendali managerial yang dipimpinnya mahasiswa UT Bengkulu dapat lebih eksis di berbagai kompetisi mahasiswa baik tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini wanita yang bertekad mempersembahkan yang terbaik untuk orang tua dan keluarga besarnya tersebut, tinggal bersama suami (Capt. Eko Susilo., M.Mar) dan Empat orang anak (Aidilla, Alldilo, Adellaide, dan Alldiko) di jalan W.R. Supratman Pematang Gubernur Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

PROFIL – MANAGER REGISTRASI DAN ASSESSMENT

Hasrul Izwan, S.IP

Sosok pria pendiam dan serius ini dilahirkan di Manna, Bengkulu Selatan 21 Mei 1970. Akrab dipanggil Izwan, bernama lengkap Hasrul Izwan, S.IP yang telah mengabdikan dirinya di UPBJJ-UT Bengkulu selama 23 tahun. Izwan menekuni pekerjaannya dengan serius serta prinsip kerja terbuka dan saling percaya. Selama bergabung di UT Bengkulu bukanlah merupakan hal yang mudah untuk mendapatkan posisi yang terbaik karena ditekuni menjadi tenaga honorer dari tahun 1997 sampai akhir tahun 2004, sedangkan menjadi PNS terhitung mulai awal tahun 2005 sampai sekarang.

Kecintaannya terhadap Universitas Terbuka sudah dibuktikan dengan menempuh pendidikan di Universitas Terbuka UPBJJ Bengkulu dengan menyelesaikan pendidikan Ilmu Perpustakaan Tahun 1998 dan Ilmu Administrasi Negara Tahun 2004. Berbekal pengalaman selama 16 tahun di Registrasi Ujian sehingga beliau dipercayakan pimpinan sebagai Penanggung Jawab Registrasi dan Ujian mulai 09 September 2019 pada Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Bengkulu.

Ketangguhan beliau dalam bekerja sangat dibutuhkan di UPBJJ Bengkulu saat ini. Bagaimana tidak, ketika pelaksanaan entry registrasi sering melakukan lembur sampai malam untuk menuntaskan pekerjaan. Bahkan pada pelaksanaan ujian harus bertugas ke daerah-daerah untuk melaksanakan tanggung jawab terhadap pelaksanaan ujian di daerah. Sebelum pelaksanna ujian juga harus mengkoodinir untuk mempersiapakan bahan-bahan ujian dan bahan pendukung ujian. Hal ini sangatlah memerlukan ketangguhan dan fisik yang kuat dalam melaksanakannya.

Sebagai manusia biasa dan melayani mahasiswa di registrasi dan ujian tentulah tidak terlepas dari kekurangan dan kelemahan dan selalu berusaha meningkatkan diri memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga haruslah tetap bekerja dengan semangat dan sungguh-sungguh untuk membantu UPBJJ-UT Bengkulu dalam meningkatkan jumlah mahasiswa dan menjadikan UPBJJ bengkulu sebagai yang terbaik di indonesia. Semoga Allah SWT selalu memberikan jalan untuk menuju cita-cita yang di inginkan UPBJJ-UT Bengkulu, Amiin Yra.