Pendaftaran Mahasiswa Baru
SEKOLAH PASCASARJANA
Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana Semester 2024/2025 Genap Dibuka Dalam:
- 00Hari
- 00Jam
- 00Menit
- 00Detik

s2
Program Magister
Magister Hukum
Magister Pendidikan Dasar
Magister Manajemen
Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Magister Pendidikan Matematika
Magister Administrasi Publik
Magister Manajeman Perikanan
Magister Pendidikan Anak Usia Dini
Magister Studi Lingkungan
S3
Program Doktor
Doktor Administrasi Publik
Doktor Ilmu Manajemen
SPP Program Magister - S2
Rp 8.500.000 / Smt
Biaya Admisi : Rp 750.000
SPP Program Doktor - S3
Rp 12.500.000 / Smt
Biaya Admisi : Rp 1.000.000
Jadwal Pendaftaran Pascasarjana
Semester 2024/2025 Genap (2025.1)
Pendaftaran
21 Agustus - 23 Oktober 2024
Pembayaran Admisi
23 Oktober - 28 Oktober 2024
Tes Masuk
07 - 08 Desember 2024
Pengumuman Hasil Tes Masuk
3 Januari 2025
Unggah Kelengkapan Berkas
8 Januari - 3 Februari 2025
Pembayaran Uang Kuliah
15 Januari – 19 Februari 2025
Persyaratan & Seleksi
- Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
- Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).
Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas. - Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);Format Khusus S2 Hukum (Lampiran 3 PDF) (Lampiran 3 Word)
- Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
- Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, satu lembar);
- Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
- Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
- Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
- Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
- Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
- Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
- Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
- Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
- Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
- Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb)
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.
- Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
- Tes masuk, dengan materi:
- Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
- TOEFL/TOEP; dan
- Tes Substansi.
- Wawancara khusus program Doktor