Pendaftaran Mahasiswa Baru

SEKOLAH PASCASARJANA

Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana Semester 2024/2025 Genap Dibuka Dalam:

  • 00Hari
  • 00Jam
  • 00Menit
  • 00Detik

s2

Program Magister

Magister Hukum

Magister Pendidikan Dasar

Magister Manajemen

Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Magister Pendidikan Matematika

Magister Administrasi Publik

Magister Manajeman Perikanan

Magister Pendidikan Anak Usia Dini

Magister Studi Lingkungan

S3

Program Doktor

Doktor Administrasi Publik

Doktor Ilmu Manajemen

SPP Program Magister - S2

Rp 8.500.000 / Smt

Biaya Admisi : Rp 750.000
SPP Program Doktor - S3

Rp 12.500.000 / Smt

Biaya Admisi : Rp 1.000.000

Jadwal Pendaftaran Pascasarjana

Semester 2024/2025 Genap (2025.1)

Pendaftaran

21 Agustus - 23 Oktober 2024

Pembayaran Admisi

23 Oktober - 28 Oktober 2024

Tes Masuk

07 - 08 Desember 2024

Pengumuman Hasil Tes Masuk

3 Januari 2025

Unggah Kelengkapan Berkas

8 Januari - 3 Februari 2025

Pembayaran Uang Kuliah

15 Januari – 19 Februari 2025

Persyaratan & Seleksi

  1. Ijazah dan Transkrip S1 yang telah dilegalisasi;
  2. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
  3. Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
  5. Sertifikat akreditasi program studi (Ijazah S1/D-IV dilengkapi transkrip dari calon mahasiswa harus berasal dari perguruan tinggi yang mendapatkan izin penyelenggaraan dari Dikti (harus terdaftar di PDDikti/Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) atau dari universitas luar negeri yang ijasahnya disetarakan S1 oleh Dikti. Apabila data PT asal tidak terdaftar pada PDDikti, diperlukan surat dari PT asal atau pihak berwenang lain yang menyatakan PT asal pernah terdaftar pada PDDikti) pada tahun lulus ijazah .
  6. Bukti telah mengikuti Tes Bahasa Inggris pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal setara nilai ITP-TOEFL 450 (Jika ada).
    Sertifikat TOEFL yang diakui UT adalah ITP-TOEFL. UT juga mengakui tes iBT-TOEFL, IELTS, dan Tes Bahasa Inggris dari Lembaga/Pusat Bahasa Perguruan Tinggi dengan konversi skor seperti tertera di atas.
  7. Bukti telah mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) pada institusi yang bereputasi dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masingmasing minimal setara nilai TPA 450 (Jika ada). Sertifikat TPA yang diakui UT adalah TKDA dari PLTI dan TPA dari Bappenas
  8. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
  9. Formulir Isian Pasfoto dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
  10. Rancangan penelitian singkat (1.000-1.500 kata) untuk tesis (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);Format Khusus S2 Hukum (Lampiran 3 PDF) (Lampiran 3 Word)
  11. Surat Izin Mengikuti Program Magister dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
  12. Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
  13. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD)).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb) 
  1. Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, satu lembar);
  2. Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
  4. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
  5. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
  6. Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
  7. Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
  8. Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
  9. Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
  10. Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
  11. Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
  12. Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
  13. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb) 

Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    2. TOEFL/TOEP; dan
    3. Tes Substansi.
  3. Wawancara khusus program Doktor

Ayo Bergabung di Program Pascasarjana UT !