Sukses, Upacara Penyerahan Ijazah Universitas Terbuka Bengkulu Secara Daring

Upacara Penyerahan ijazah (UPI) Universitas Terbuka Bengkulu merupakan momentum penting yang ditungu-tunggu oleh para mahasiswa yang telah menyelesaikan masa pendidikan di Universitas Terbuka (UT). UPI ini biasanya dilaksanakan secara langsung dengan mengumpulkan para lulusan dan juga orang tua lulusan, namun mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, sehingga pemerintah membatasi pengumpulan massa dalam jumlah banyak, mengharuskan UPI kali ini dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi Zoom. Kegiatan UPI daring ini disambut bahagia oleh para lulusan yang sebelumnya sempat merasa kecewa karena ditiadakannya kegiatan UPI.

Sebanyak 162 mahasiswa yang terdaftar dalam kegiatan UPI daring ini telah mengambil toga dan melakukan sesi foto yang nantinya akan ditampilkan pada saat pelaksanaan UPI. Kegiatan UPI daring dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 15 September 2020 bertempat di Aula Universitas Terbuka yang diikuti oleh 5 (lima) orang perwakilan wisudawan, Direktur UT Bengkulu, para Manajer, beberapa panitia, dan seluruh wisudawan dari tempat masing-masing. Walaupun UPI dilaksanakan secara daring, namun rasa khidmat dan syukur sangat jelas terlihat dari para wisudawan dengan mengajak ikut serta orang tua dan bahkan anak-anaknya untuk mendampingi dan menyaksikan langsung kegiatan UPI daring ini.

Tepat pada pukul 08.30 WIB kegiatan UPI daring dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Direktur UT Bengkulu, Dr. Yumiati, M.Si. Tidak lupa juga tari persembahan oleh mahasiswa UT Bengkulu turut ditampilkan untuk memeriahkan dibukanya acara ini. Prosesi kegiatan UPI daring ini memiliki agenda yang sama halnya seperti pelaksanaan UPI pada umumnya. Direktur UT Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para lulusan dan diharapkan para lulusan menjaga nama baik UT melalui prestasi di universitas kehidupan. Sambutan kedua oleh Rektor UT diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Bapak Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Beliau berpesan agar para lulusan menyampaikan dengan baik dan benar kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang UT.

UPI daring kali ini sangat spesial karena Bapak Gubernur Provinsi Bengkulu turut memberi sambutan, walaupun disampaikan melalui rekaman video. Bapak Gubernur menyampaikan bahwa UT merupakan perguruan tinggi (PT) yang paling siap melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 ini, karena sudah berpengalaman selama 36 tahun. Dan Gubernur juga meminta agar UT membantu PT lain untuk melaksanakan pembelajaran daring. Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemanggilan dan tayangan wisudawan UT Periode II tahun 2020.
Acara UPI diselingi hiburan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Rafflesia UT Bengkulu, solo song putra dan putri, serta penayangan film pendek hasil karya mahasiswa UT Bengkulu pemenang lomba disporseni nasional tahun 2020. Hal ini membuat para wisudawan tidak merasa bosan dan merasakan kebahagiaan karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan formalnya.

Acara UPI daring ini selain dilaksanakan melalui zoom, juga ditayangkan melalui kanal youtube UPBJJ-UT Bengkulu. Acara UPI berjalan dengan lancar dan tertib sampai dengan selesai. Semoga dengan telah selesainya studi mahasiswa di UT, ilmu yang diperoleh dapat memberikan kontribusi positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Aamiiin

Beberapa Dokumentasi Peserta UPI daring dari rumah masing-masing :

WhatsApp Live Chat