1.665 Mahasiswa Universitas Terbuka Bengkulu Mengikuti Kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Secara Daring

UPBJJ-UT Bengkulu mengadakan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) bagi mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma pada FST, FE, FHISIP, dan FKIP Masa 2020.2 pada tanggal 05 dan 06 September 2020 secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi Zoom. Peserta OSMB ini berasal dari Kota Bengkulu dan seluruh kabupaten di provinsi Bengkulu. Kegiatan OSMB ini merupakan bentuk rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan Universitas Terbuka (UT) kepada mahasiswa baru. Kegiatan OSMB ini berbeda dengan OSMB sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi COvid-19, maka kegiatan OSMB ini diadakan secara daring.

Kegiatan OSMB ini dilaksanakan selama dua hari dan setiap harinya dibagi menjadi dua sesi. Sesi ke 1 yang dilaksanakan pada jam 07.30 WIB sampai 12.00 WIB dan sesi ke 2 dilaksanakan pada pukul 12.30 sampai 17.00 WIB. Hari I (Sabtu, 5 September 2020) sesi ke 1, peserta OSMB adalah semua mahasiswa baru yang berasal dari Kota Bengkulu dari seluruh program studi (kecuali PGSD dan PGPAUD). Hari I (Sabtu, 5 September 2020) sesi ke 2, peserta OSMB meliputi semua mahasiswa baru yang berasal dari Kota Bengkulu dengan program studi PGSD dan PGPAUD, serta seluruh mahasiswa baru dari seluruh program studi di Kabupaten Seluma, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Ketahun. Hari II (Minggu, 6 September 2020) sesi ke 1, peserta OSMB adalah semua mahasiswa baru dari seluruh program studi di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Lebong, dan Rejang Lebong. Hari II (Minggu, 6 September 2020) sesi ke 2, peserta OSMB adalah semua mahasiswa baru dari seluruh program studi di Kabupaten Mukomuko, Ipuh, dan Bengkulu Utara.

OSMB ini secara resmi dibuka oleh Direktur UT Bengkulu, Dr. Yumiati, M.Si. Dalam sambuatannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan OSMB ini adalah wajib diikuti oleh mahasiswa baru yang nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan Praktek Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Mahasiswa dikenalkan dengan sistem perkuliahan UT yang merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 04 September 1984 sebagai satu-satunya Universitas yang dapat menjangkau masyarakat luas untuk mendapatkan fasilitas belajar jarak jauh dengan inovasi-inovasi pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Apalagi di masa pandemi corona ini, UT terdepan dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan kualitas yang diakui secara Nasional dan Internasional.

Materi pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa baru, meliputi Mengenal UT lebih dekat yang disampaikan oleh Dr. Yumiati, M.Si selaku Direktur UT Bengkulu, kemudian dilanjutkan dengan materi bidang registrasi dan ujian, penjelasan cara belajar cerdas dengan memanfaatkan modul, penjelasan Layanan Bantuan Belajar, Tutorial Tatap Muka, Aktivasi dan Akses Tutorial online, dan praktek langsung pengaktifan akun Sistem Informasi Akademik (SIA) yang dipandu oleh staf ICT UT Bengkulu. Mahasiswa baru tampak antusias dan bersemangat mendengarkan materi-materi pembekalan yang disampaikan oleh pemateri.

Kehadiran mahasiswa dalam OSMB ini cukup tinggi, dari 1.665 mahasiswa baru, sekitar 1.453 hadir (87,3%). Semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di UT dengan baik dan mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan.

WhatsApp Live Chat