Koordinasi Praktik Praktikum Semester Ganjil 2024/2025 di Universitas Terbuka Bengkulu

Universitas Terbuka Bengkulu telah mengadakan kegiatan koordinasi praktik/praktikum/berpraktik bersama para tutor yang mengampu mata kuliah tersebut pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Sebanyak 54 tutor dari berbagai latar belakang pendidikan, baik akademisi maupun praktisi profesional, turut serta dalam kegiatan ini. Para tutor merupakan tenaga pengajar yang berpengalaman di bidangnya masing-masing dan telah ditugaskan untuk mendampingi mahasiswa dalam pembelajaran baik secara Tutorial Tatap Muka (TTM) atau Tutorial Webinar (Tuweb).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Universitas Terbuka Bengkulu, Bapak Yusrizal, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya koordinasi antara tutor dan pihak UT Bengkulu untuk memastikan keberhasilan proses pembelajaran. “Kami sangat menghargai kontribusi para tutor dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Terbuka Bengkulu. Dengan adanya tutor-tutor berkompeten dari berbagai latar belakang, kami yakin bahwa mahasiswa dapat memperoleh pembelajaran yang komprehensif, baik dari sisi akademis maupun praktik di lapangan,” ungkap Bapak Yusrizal.

Selain itu, materi terkait kebijakan terbaru tentang Praktik, Praktikum, dan Berpraktik disampaikan oleh Manajer Layanan Pembelajaran dan Ujian, Bapak Timbul Rasoki, S.P., M.Si. Dalam paparannya, Pak Timbul menekankan beberapa poin penting terkait prosedur pelaksanaan praktik dan praktikum yang akan berlangsung di semester ini, termasuk penyesuaian yang diperlukan dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. “Kami berharap para tutor dapat memaksimalkan peran dalam mendampingi mahasiswa dimulai memfasilitasi kebutuhan sebelum praktik dan mendampingi saat praktik, khususnya dalam praktik langsung maupun secara daring, agar capaian pembelajaran dapat tercapai dengan optimal,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada para tutor mengenai prosedur pelaksanaan praktik dan praktikum, termasuk aspek teknis terkait tutorial tatap muka dan tutorial webinar. Tutor yang hadir berasal dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu baik dari Kota Bengkulu, berbagai kabupaten seperti Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Selatan, Kaur, Seluma, Bengkulu Utara, dan Mukomuko. Keberagaman latar belakang ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi mahasiswa agar bisa berdiskusi baik secara langsung maupun daring. Kegiatan koordinasi ini tidak hanya membahas teknis pelaksanaan tutorial, tetapi juga bagaimana cara mengoptimalkan pembimbingan terhadap mahasiswa agar mereka sukses perkulihaan di semester ini.

 

Universitas Terbuka Bengkulu berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui kehadiran tutor yang profesional dan berdedikasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan pelaksanaan praktik dan praktikum di semester ganjil 2024/2025 dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Informasi Lainnya