Bagaimana Mahasiswa Memperoleh Layanan Informasi UT Bengkulu?
Oleh : Yusrizal, M.Pd (Dosen UT Bengkulu)
Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri yang memberikan layanan pendidikan tinggi dengan sistem belajar jarak jauh. Proses layanan “administrasi akademik dan pembelajaran” dimediasi oleh multimedia yang didukung oleh sistem teknologi berbasis Information and Communication Technology (ICT) sehingga dimungkinkan mahasiswa dapat menerima dan melakukan kegiatan akademik dan administrasi akademik tanpa harus datang atau bertatap muka dengan petugas layanan atau dosen. Namun tidak sedikit mahasiswa belum mengerti tentang cara memperoleh informasi tentang kegiatan administrasi akademik dan pembelajaran disebabkan oleh berbagai keterbatasan yang dihadapi oleh mahasiswa.
Berikut ini adalah pembahasan tentang beberapa cara dan saluran untuk memperoleh layanan informasi perkuliahan UT, sesuai dengan karakteristik UT yang Fleksibel silahkan tentukan sendiri yang mana yang cocok dan bisa dilakukan/digunakan antara lain;
- Bergabung dengan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di masing-masing wilayah. SALUT merupakan kepanjangan tangan teknis operasional dari UT Daerah setempat yang menjadi tempat layanan administrasi akademik dan kegiatan akademik serta kegiatan lainnya yang berlokasi di kabupaten atau kota, sehingga jarak akses mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya dengan kantor layanan UT semakin dekat. Dulunya sistem operasional UT Daerah dibantu oleh Kelompok Belajar (Pokjar), namun semenjak 2025 ini Pokjar bertransformasi menjadi SALUT dengan memiliki kemandirian pelaksanaan layanannya. Termasuk penyediaan fasilitas, sarana dan prasarana yang bisa digunakan oleh mahasiswa UT yang menjadi anggotanya. Penyediaan ruangan, fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di SALUT dilakukan secara mandiri oleh masing-masing SALUT, sehingga penggunaan fasiltas tersebut dikenakan biaya. Besaran biaya tergantung dengan kelengkapan sarana prasarana yang tersedia di SALUT tersebut dengan biaya maksimal 500 ribu persemester. Besaran biaya tersebut dicantumkan di dalam Naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SALUT sebagai Mitra dengan UT Sebagai PTNBH. Selain biaya layanan tersebut, SALUT dilarang melakukan pungutan, pengumpulan dana, maupun penitipan pembayaran UKT, dan biaya di luar UKT dari mahasiswa. Adapun bantuan layanan yang diberikan oleh SALUT dapat dibaca di Berapa biaya layanan jika mengikuti SALUT? – Home . Sifat keanggotaan SALUT adalah sukarela tidak dipaksakan, namun jika mahasiswa yang pada waktu tertentu ingin secara langsung memperoleh informasi, mengatasi kendala, ingin diingatkan dengan pengumuman-pengumuman penting, menggunakan fasilitas belajar seperti Laptop, komputer, dan ruangan belajar untuk kegiatan ujian online, tutorial online maupun webinar, pengerjaan Tugas Mata Kuliah ataupun pengerjaan THE, mendapatkan bimbingan, bertemu dengan tutor, bertemu teman kuliah, berdiskusi, dan bersosialisasi yang merupakan kebutuhan dasar mahasiswa, tutor, atau pemangku kepentingan lainnya yang perlu difasilitasi dengan sentuhan kemanusiaan, dipersilahkan bergabung dengan SALUT di wilayah masing-masing. Untuk informasi Alamat dan nara-hubung SALUT di Provinsi Bengkulu dapat dibaca di Salut – UT Bengkulu. Kami sangat menganjurkan mahasiswa UT di daerah segera bergabung dengan SALUT di wilayah masing-masing untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan perkuliahan diantaranya dengan pembentukan kelas tutorial tatap muka atas permintaan (TTM Atpem) sehingga dapat berkontribusi maksimal terhadap peningkatan kemampuan menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS). Jika fasilitas komputer dan internet memadai di SALUT, maka pelaksanaan Ujian Online dapat dilakukan di SALUT tersebut. Selain itu dengan bergabung di SALUT, mahasiswa diharapkan juga dapat terlibat secara langsung diberbagai kegiatan kemahasiswaan lainnya seperti dalam menyalurkan minat, bakat, olahraga, dan seni sehingga bisa mencapai prestasi baik Tingkat regional, nasional bahkan internasional.
- Apabila mahasiswa UT merasa mampu mengikuti perkuliahan secara mandiri dan memang memiliki keterbatasan dana dan waktu, tidak dilarang untuk menjadi mahasiswa mandiri. UT Bengkulu tetap selalu menyediakan layanan informasi kepada seluruh mahasiswa UT. Mahasiswa UT dapat mendatangi langsung kantor UT Bengkulu atau menghubungi Petugas Penanggung Jawab Wilayah (PJW) masing-masing daerah. Mahasiswa dapat pula bergabung di grup Sosial Media UT Bengkulu (Telegram di https://t.me/+nidFrPycN9o5MzQ1, WA di https://chat.whatsapp.com/K5kcw4kAh9cAIYWvdTy74e , atau ikuti Sosial Media UT Bengkulu melalui Universitas Terbuka Bengkulu | Instagram, Facebook, TikTok | Linktree, beragam informasi dapat diperoleh dan disimak oleh mahasiswa UT Bengkulu. Jika mahasiswa mengalami kendala kuliah UT Bengkulu namun tidak bisa datang langsung, Petugas Frondesk (FD) UT Bengkulu juga menyediakan layanan Live-Zoom dengan cara :
- Ketik http://sl.ut.ac.id/helpdesk_utbkl (Link akan otomatis mengarahkan masuk ke Aplikasi Zoom)
- Silakan isi nomor antrian melalui https://sl.ut.ac.id/nomorantrean_helpdesk_utbkl
- Silakan berkonsultasi dengan bahasa yang sopan dan jelas untuk berkomunikasi
- Kuota maksimal 150 peserta
Layanan Zoom ini dilakukan pada setiap hari kerja dari Senin-Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB.
Kedua jenis layanan informasi ini tidak membedakan layanan standar dalam satuan Biaya Pendidikan UKT, tergantung dengan jenis Sistem mana yang digunakan, SIPAS atau Non SIPAS. Artinya kesempatan mahasiswa untuk melakukan admisi, meregistrasi matakuliah, menerima kiriman bahan ajar, memilih jenis layanan bantuan belajar (Tuton, TTM/Tuweb atau TMK), kegiatan kemahasiswaan, mengikuti kegiatan Evaluasi Hasil Belajar/UAS (Ujian Tatap Muka, Ujian Online dan THE), serta mengikuti wisuda, adalah sama.
Pentingnya pengetahuan tentang saluran layanan informasi ini bertujuan disamping membantu kelancaran perkuliahan mahasiswa, juga agar mahasiswa tidak salah melangkah dan gagal memahami sistematika perkuliahan di UT, terhindar dari miskomunikasi, bebas dari jeratan perjokian, bahkan menjurus ke tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena Universitas Terbuka (UT) menegaskan pentingnya menjaga integritas akademik dalam setiap perjalanan studi mahasiswa agar berhasil dengan tetap memiliki integritas dan kualitas yang tinggi.