Giat Rutin Tahunan Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa Lemdiklat POLRI Universitas Terbuka Bengkulu

Beasiswa merupakan bentuk bantuan atau penghargaan bagi pelajar atau mahasiswa yang dianggap layak untuk menerimanya. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa Universitas Terbuka juga secara berkala di lakukan disetiap tahunnya. Seperti Beasiswa Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (LEMDIKLAT POLRI) dimana Universitas Terbuka diberikan kepercayaan untuk merekrut dan mengelola mahasiswa yang berasal dari anggota POLRI termasuk kepercayaan kepada UT Bengkulu untuk mengelola beasiswa ini.

Mahasiswa Beasiswa LEMDIKLAT ini merupaka rekrutan masa registrasi 2019.2 dan saat ini mahasiswa Beasiswa LEMDIKLAT POLRI UT Bengkulu telah menginjak semester 7 dan telah memasuki pengambilan mata kuliah Karya Ilmiah dan Tugas Akhir Program.

Untuk menjaga kualitas dan capaian akademik yang baik bagi para penerima beasiswa, secara rutin pihak LEMDIKLAT bekerja sama dengan Universitas Terbuka melakukan monitoring dan evaluasi di setiap tahunnya, seperti yang telah dilaksanakan saat ini yaitu pada hari Kamis, 03 November 2022 jam 08.00 – 10.30 bertempat di Gedung Adem POLDA Bengkulu kegiatan ini dilaksanakan. Dalam kesempatan kali ini dari pihak LEMDIKLAT dihadiri langsung oleh Kombes. Pol. Herawati, M.M sebagai tutor utama LEMDIKLAT POLRI yang juga alumni dari Program Studi Magister Manajemen Universitas Terbuka, pada sambutannya Ibu Herawati menyampaikan, Universitas Terbuka dipilih sebagai Universitas yang mengampu Program Beasiswa LEMDIKLAT karena layanan belajar yang disediakan dianggap sesuai dengan ritme pekerjaan dan tugas negara yang diemban oleh para anggota POLRI tersebut.

Dari 20 orang mahasiswa penerima beasiswa ini setelah di evaluasi kembali IPK yang mereka peroleh dapat disimpulkan rata-rata dari mereka mendapatkan hasil akademis yang memuaskan, dan salah satu dari mereka juga aktif dalam kegiatan mahasiswa, yaitu mahasiswa atas nama Hengki yang berhasil meraih juara 1 pada lomba fotografi kategori POLRI. Tidak hanya kegiatan monitoring dan evaluasi, pada kesempatan kali ini pihak LEMDIKLAT bersama UT Bengkulu juga menandatangi Implementation Arrangement yang merupakan wujud dari Perjanjian Kerja Sama antara POLRI dan Universitas Terbuka, penandatanganan ini ditanda tangani langsung oleh Kabag. Dalpers POLDA Bengkulu yaitu AKBP Prianggodo Heru dan Direktur Universitas Terbuka Bengkulu Yusrizal, M.Pd.

Tidak lupa dalam penyampaian evaluasinya Direktur UT Bengkulu menyampaikan bahwa layanan belajar dan skema layanan ujian yang ada di Universitas Terbuka dirancang untuk dapat diakses dan memudahkan para mahasiswa dalam proses pembelajaran hingga UAS setiap semesternya, namun khusus mahasiswa Beasiswa LEMDIKLAT POLRI yang mengalami kendala pada IPK semesternya.

Pada kesempatan monitoring dan evaluasi ini UT Bengkulu secara langsung memberikan kesempatan seleluasa mungkin bagi mereka yang terkendala untuk menyampaikan pendapat dan masalah yang mereka hadapi di setiap semesternya. Pada akhir kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan bahwa, mahasiswa penerima beasiswa dapat meyelesaikan studi tepat waktu dan lulus dengan nilai yang memuaskan.

 

WhatsApp Live Chat