MANFAATKAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY, UT BENGKULU SUKSES MENGGELAR UPI PERIODE I TAHUN 2021 SECARA DARING

Perjuangan mahasiswa setelah ditempa oleh proses belajar mengajar yang menyita waktu, tenaga, dan biaya serta pengorbanan lain yang tidak ternilai oleh materi di Universitas Terbuka Bengkulu terasa lengkap setelah resmi menyandang gelar diploma, sarjana, maupun magister dan mengikuti proses Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Penyelenggaraan UPI Periode I Tahun 2021 di Universitas Terbuka Bengkulu merupakan kali kedua yang dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi covid 19 yang tak kunjung berakhir. Namun, UPI daring kali ini lebih berbeda karena menggunakan teknologi virtual reality dan green screen.

Kegiatan UPI yang diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 02 Maret 2021 ini diikuti 500 lulusan sesuai SK Yudisium bulan September dan November 2020 dari total 893 orang. Sisanya para lulusan sudah mengikuti wisuda daring dengan UT Pusat dan sudah mengambil ijazahnya secara langsung. Acara yang dibuka secara langsung oleh Direktur UT Bengkulu Dr. Yumiati, M.Si dihadiri secara langsung para manager serta perwakilan mahasiswa sebanyak 15 orang dari masing-masing fakultas di Aula kantor UT Bengkulu.

Dalam sambutannya, Dr. Yumiati, M.Si selaku Pimpinanan UT Bengkulu menyampaikan selamat dan sukses kepada para wisudawan/ti beserta keluarga atas keberhasilannya. Beliau juga menyampaikan pesan bahwa keberhasilan ini bukan akhir dari perjuangan namun awal untuk menapak ke jenjang yang lebih tinggi. Harapannya, para alumni dapat mengamalkan ilmu dalam profesi dengan baik dan penuh tanggungjawab. Beliau juga menitipkan nama baik almamater tercinta kepada seluruh alumni. Menutup sambutannya, beliau tidak lupa menyampaikan permohonan maaf jika masih terdapat kekurangan atas pelayanan seluruh pimpinan dan staf UT Bengkulu kepada para mahasiswa terkhususnya kepada para lulusan. Tidak lama berselang, Ibu Direktur juga memberikan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik UPI periode I Tahun 2021 ini kepada Eko Wahyono, S.H lulusan Pogram Studi Ilmu Hukum dengan IPK 3,90 predikat Dengan Pujian dari Kelompok Belajar (Pokjar) Bengkulu Utara (Argamakmur).

Mewakili Rektor UT, Bapak Ir. Adi Winata, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT turut hadir dan menyampaikan pidato secara daring. Beliau menyampaikan bahwa dalam rangka membantu masyarakat memperoleh pendidikan tinggi serta mempersiapkan masa depan SDM Indonesia yang lebih baik, UT telah bekerja keras untuk mencarikan beasiswa bagi para lulusan SLTA yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama yang memiliki potensi baik tetapi secara ekonomi sangat terbatas, baik yang bersumber dari beasiswa pemerintah KIP Kuliah, perusahaan (CSR), dan mitra lainnya. Beliau juga menyampaikan bagi alumni yang masih memiliki tenaga dan kekuatan, selesai S1 untuk bersiap-siap melanjutkan ke jenjang S2. UT sudah memiliki program Magister Manajemen, Administrasi Publik, Manajemen Perikanan, Magister Pendidikan Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Ilmu Lingkungan. UT juga sudah memiliki program Doktor, yaitu Administrasi Publik dan Ilmu Manajemen.

Seperti penyelenggaraan UPI sebelumnya, UPI kali ini juga dihadiri Pimpinan Daerah Bengkulu. Bapak H. Helmi Hasan, S.E yang saat ini menjabat Walikota Bengkulu hadir dan menyampaikan pidatonya secara daring. Selain mengucapkan selamat kepada para wisudawan/ti dan keluarga, beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Universitas Terbuka khususnya Universitas Terbuka Bengkulu, atas dukungan dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Bengkulu dengan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh yang berkualias dan terjangkau. Beliau juga menambahkan bahwa tanpa dukungan UT, mustahil kesempatan meraih pendidikan tinggi secara merata yang tersebar di berbagai wilayah pelosok negeri bisa diselenggarakan. Karena SDM yang berkualitas diharapkan menjadi modal pembangunan Bengkulu yang berkesinambungan.

Kegiatan UPI daring periode I tahun 2021 juga ditayangkan secara live streaming di channel youtube UPBJJ-UT Bengkulu agar para keluarga, mahasiswa dan masyarakat umum juga dapat menyaksikan rangkaian acara UPI. Acara yang diselingi hiburan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Rafflesia UT Bengkulu serta penayangan karya mahasiswa hasil pelatihan content digital menambah hiburan di sela-sela acara yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB tersebut. Rasa puas terlihat dari wajah wisudawan/ti, pimpinan, manager dan staf UT Bengkulu serta seluruh crew dan panitia atas kesuksesan penyelenggaraan UPI daring ini. Semoga ilmu yang diperoleh para wisudawan/ti selama menempuh pendidikan di UT menjadi berkah dan para alumni dapat berbaur untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara. Aamiin

WhatsApp Live Chat