Mengenal UT Bengkulu dalam Program Bincang Tribun

Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri sebagai pelopor Pendidikan Tinggi dengan sistem belajar terbuka dan jarak jauh, banyak kalangan masyarakat yang hanya mengenal Universitas Terbuka sebagai kampus dengan mahasiswanya dari kalangan pekerja atau telah berusia lanjut. Namun pada perkembangannya Universitas Terbuka terus bertransformasi dan berinovasi dengan mampu menghadirkan digitalisasi layanan akademik dan bisa dengan “ramah” diakses oleh kaum milenial.

Dalam upayanya yang terus memperkenalkan Universitas Terbuka kepada masyarakat, Universitas Terbuka Bengkulu bekerja sama dengan media online Tribun Bengkulu, yang tidak lain bertujuan lebih memperkenalkan Universitas Terbuka khususnya Universitas Terbuka Bengkulu kepada masyarakat luas. Dalam program bincang tribun bersama Universitas Terbuka Bengkulu pada hari Rabu, 02 November jam 14.00 bertempat di aula Kantor UT Bengkulu, Direktur Universitas Terbuka Bengkulu (Bapak Yusrizal, M.Pd) dalam pemaparannya menjelaskan bahwa latar belakang berdirinya Universitas Terbuka menampung berbagai lapisan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Dengan basis Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh, Universitas Terbuka di dirikan tidak hanya untuk menampung masyarakat yang ingin mengenyam bangku perguruan tinggi namun kemerataan pendidikan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat di pelosok negeri juga menjadi visi UT dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Secara detail dalam bincang tribun ini Yusrizal, M.Pd juga menjelaskan berbagai inovasi yang dilakukan UT guna menghadirkan sistem belajar online yang berkualitas serta dengan kualitas layanan akademik yang terus ditingkatkan.

Sebut saja Learning Manajemen System (LMS) yang menjadi salah satu platform digital UT, memfasilitasi mahasiswa dalam proses pembelajaran dan berkirim tugas kepada para pengajar atau tutor. Mahasiswa yang dapat menggunakan fasilitas LMS adalah mahasiswa yang mengambil skema bantuan belajar Tutorial Webinar (TUWEB), tidak hanya itu model pembelajaran digital lainnya juga sudah sejak lama digalakan oleh Universitas Terbuka seperti fasilitas e-learning yang dapat diakses pada laman e-learning.ut.ac.id, mahasiswa yang mengakses e-learning merupakan mahasiswa yang mengambil layanan bantuan belajar tutorial online.

Julukan kampus dengan pembelajaran online sudah sejak lama lekat pada Universitas Terbuka, bukan karena pandemi tetapi karena jargon UT sebagai pelopor perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh sehingga dalam layanan ujiannya pun UT menghadirkan Ujian Online sebagai solusi bagi mahasiswa yang bertempat tinggal jauh dari pusat ibu kota daerah, dengan berbagai fasilitas dan kualitas yang ditawarkan oleh UT slogan menarik muncul yaitu “ tanpa ongkos, tidak perlu ngekos, tapi kuliah tetap jos”, tutup Bapak Yusrizal dalam perbincangannya pada program bincang tribun.

WhatsApp Live Chat