MERIAHKAN DIES NATALIS KE-37, UT BENGKULU GELAR WEBINAR NASIONAL

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Terbuka ke-37, UT Bengkulu mengadakan kegiatan Webinar bertajuk Solusi Studi di Masa PandemiEffective Communication Skill”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 September 2021 yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan mulai dari lulusan SMA, mahasiswa, Guru dan juga tenaga Tutor yang berasal dari seluruh Kabupatan/Kota di Provinsi Bengkulu.

Webinar ini dilaksanakan secara daring menggunakan media zoom meeting yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu dan Ketua MKKS SMK se Provinsi Bengkulu. Pelaksanaan kegiatan Webinar ini dipandu oleh Bobi Fransisco sebagai MC yang juga merupakan mahasiswa UT Bengkulu yang baru saja meraih juara 1 nasional Master of Ceremony dalam kegiatan Disporseni Nasional Universitas Terbuka yang diikuti 39 UPBJJ UT dan 14 kampus negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

Kegiatan webinar ini diawali oleh sambutan dari Direktur UT Bengkulu Bapak Yusrizal, M.Pd. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan kesempatan untuk menambah wawasan dan ilmu bagai para peserta terutama dalam hal kemampuan komunikasi dan pemahaman mengenai pendidikan tinggi jarak jauh Universitas Terbuka. Beliau juga menyampaikan jika kampus lainya di masa pandemi ini mendadak online sistem perkuliahanya, namun Universitas Terbuka sudah lebih dulu menerapkan pembelajaran online.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan juga mengatakan keberadaan Universitas Terbuka sangat luar dalam menjawab tantangan dan paradigma yang dialami dimasa pandemi saat ini karena UT sudah sejak dulu mengemas bagaimana sistem pembelajaran jarak jauh. Universitas Terbuka menyediakan ruang dan waktu bagi lulusan SMA untuk mengembangkan kualitas SDM yang terampil, unggul dan berkulitas dengan menerapkan learning digital sistem.

Dalam kegiatan webinar ini menampilkan 2 narasumber yang hebat dan berpengalaman dalam bidangnya. Dr. Yumiati, M.Si. sebagai narasumber pertama yang merupakan akademisi senior UT Bengkulu menyampaikan tentang prinsip utama sistem pembelajaran jarak jauh dan bagaimana peran Universitas Terbuka selama pandemi Covid 19 bagi dunia pendidikan tinggi. Selain itu juga disampaikan mengenai inovasi-inovasi yang dilakukan Universitas Terbuka dalam memantapkan jati diri sebagai pioner sistem pendidikan tinggi dan jarak jauh.

Narasumber kedua dalam kegiatan webinar ini adalah Arih Budi Utumo, dia merupakan Founder Ideas Consulting dan juga Executive Director Tantowi Yahya Public Speaking School. Sebagai profesional dalam bidang komunikasi dia menyampaikan bagaimana trik dalam memperoleh keahlian mengenai cara komunikasi yang efektif untuk memaksimalkan potensi guna meraih peluang masa depan.

Kegiatan webinar berjalan dengan baik dan menarik, interaksi antara narasumber dan peserta sangat komunikatif sehingga para peserta tidak bosan menyimak materi-materi yang dismpaikan oleh para narasumber. Antusias peserta sangat tinggi terlihat dari banyak nya pertanyaan yang silih berganti yang disampaikan peserta. Dalam webinar ini selain diberikan sertifikat juga disediakan doorprize dengan hadiah yang menarik yang diberikan kepada lebih dari 100 orang peserta. Semoga dengan diadakan webinar ini bisa menambah pengetahuan serta keterampilan peserta dalam hal berkomunikasi dan pemahaman mahsiswa UT khususnya demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul.

Rekaman Acara Dapat Disaksikan Dalam Channel Youtube Universitas Terbuka Bengkulu :


WhatsApp Live Chat