Jumat 15 Juli 2022, bertempat di ruang Sistem Ujian Online (SUO) lantai dua Kantor UPBJJ UT Bengkulu dimulai dari pukul 09.00 – 15.00, seluruh staf beserta Pimpinan mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi PANUTAN dengan narasumber langsung dari tim pengembang Aplikasi PANUTAN UT Pusat. Sebelum pelatihan dimulai, dalam sambutannya Direktur UT Bengkulu Bapak Yusrizal, M.Pd menyampaikan bahwa inovasi dari tim pengembang Aplikasi PANUTAN ini sangat memudahkan dalam pembuatan naskah dinas dan penandatanganan naskah dinas sangat fleksibel.
Dengan latar belakang terciptanya aplikasi PANUTAN dikarenakan Universitas Terbuka sebagai Pendidikan Tinggi dengan konsep jarak jauh telah menghasilkan lulusan lebih dari 1,7 juta mahasiswa, demikian pula mahasiswa aktif saat ini mencapai 341.000 orang. Untuk mengelola perguruan tinggi dengan civitas akademika yang begitu besar diperlukan tata kelola administrasi, layanan akademik yang modern, handal serta akurat.
PANUTAN atau dengan kepanjangan Portal Aplikasi Naskah Dinas UT dan Administrasi Perkantoran merupakan sebuah inovasi di era digital dimana perubahan diperlukan untuk dapat mengejar perkembangan zaman. Seperti yang diketahui bahwa UT mempunyai 39 UPBJJ-UT, maka PANUTAN menawarkan efesiensi waktu diantaranya dalam pengiriman surat menyurat jika dilakukan secara konvensional bisa memakan waktu yang cukup lama.
Dengan terobosan office automation telah mengalami perkembangan teknologi tidak hanya mengembangkan naskah dinas namun penggunaan dari PANUTAN ini lebih mengarah ke Enterprise Resource Planning (ERP). Untuk itu pada aplikasi PANUTAN selain adanya fasilitas naskah dinas juga memiliki fasilitas agenda, e-mail, video conference, TTE, Digital Attendance dan booking sarana dan prasarana, untuk saat ini tim pengembang aplikasi telah mengemas aplikasi PANUTAN berbasis android sehingga dapat didownload di Smart phone yang menggunakan sistem operasi android.
Dalam kesempatan pelatihan ini para staf diberi kesempatan untuk bertanya dan praktek langsung dalam penggunaan fitur – fitur pada aplikasi PANUTAN, diharapkan setelah pelatihan ini terdapat optimalisasi dalam penggunaan aplikasi PANUTAN, tidak hanya dalam proses pembuatan surat menyurat namun searah dengan fungsi dari aplikasi PANUTAN seperti pembuatan agenda, e-mail, video conference, TTE, Digital Attendance dan booking sarana dan prasarana.