OSMB BERJALAN SUKSES, UT BENGKULU JUGA SELENGGARAKAN PKBJJ SECARA DARING SEBAGAI RANGKAIAN EKBM BAGI MAHASISWA BARU MASA 2020.2

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi yang terdepan dalam inovasi pendidikan jarak jauh selalu memperkenalkan Sistem Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh melalui Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) kepada mahasiswa baru. Rangkaian EKBM diawali melalui kegiatan OSMB yang telah diselenggarakan pada tanggal 05-06 September 2020 secara daring menggunakan aplikasi zoom. Selanjutnya, untuk lebih mengenalkan dan memberikan bekal kepada mahasiswa agar siap dan berhasil dalam menyelesaikan studinya, UT Bengkulu memberikan Pelatihan Keterampilan Jarak Jauh (PKBJJ) yang juga dilaksanakan secara daring.

Kegiatan PKBJJ di UT Bengkulu diselenggarakan secara bertahap (dalam 4 sesi), yakni pada tanggal 12 & 13 September 2020 serta  26 & 27 September 2020 melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung melalui channel resmi youtube UPBJJ-UT Bengkulu. Setelah mengikuti PKBJJ ini, mahasiswa diharapkan dapat mengelola waktu untuk membuat rencana belajar yang efektif, memahami cara tepat membaca dan merekam hasil baca, mengetahui kiat-kiat sukses mengikuti tutorial online (Tuton), terampil mengakses layanan UT online, dan bagaimana cara tepat mempersiapkan diri mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

Sesi I tanggal 12 September 2020 diikuti oleh mahasiswa baru dari Kelompok Belajar (Pokjar) Kota program studi non PGSD/PGPAUD. Sesi II tanggal 13 September 2020 diikuti oleh mahasiswa baru dari Pokjar Kota program studi PGSD/PGPAUD, serta seluruh mahasiswa baru dari Pokjar Seluma, Kepahiang, Bengkulu Tengah, dan Ketahun. Sesi III tanggal 26 September 2020 diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari Pokjar Bengkulu Selatan, Kaur, Lebong, dan Rejang Lebong. Sementara itu, Sesi IV dilaksanakan pada tanggal 27 September 2020 diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari Pokjar Mukomuko, Ipuh, dan Bengkulu Utara.

Rangkaian acara PKBJJ diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UT dan dilanjutkan dengan pemutaran rekaman sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Direktur UT Bengkulu Dr. Yumiati, M.Si dalam sambutannya setiap pembukaan, menyampaikan pentingnya mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian acara PKBJJ ini. Selain itu, Beliau juga menyampaikan beberapa tugas yang harus dikerjakan mahasiswa dan diupload sebagai salah satu bukti keikutsertaan dan tolak ukur pemahaman mahasiswa baru terhadap materi yang disampaikan.

Dalam penyampaian materi, instruktur yang merupakan Dosen dan Staf di UT Bengkulu memberikan kesempatan tanya jawab kepada mahasiswa peserta pelatihan. Kesempatan ini tidak disia-siakan mahasiswa karena memang merupakan sesuatu yang baru dengan istilah-istilah, aplikasi dan beragam bentuk layanan bantuan belajar di Universitas Terbuka. Diharapkan seluruh mahasiswa baru UT Bengkulu dapat memahami dan menerapkan materi pelatihan dalam menunjang kesuksesannya menimba ilmu menyelesaikan studi di Universitas Terbuka.

 

WhatsApp Live Chat