Pasca Pandemi UT Bengkulu Selenggarakan Wisuda Daerah Periode II tahun 2022 Secara Tatap Muka

Wisuda merupakan penantian dari hasil belajar yang telah ditempuh selama masa studi, tanpa terkecuali para mahasiswa yang menjadi wisudawan Universitas Terbuka Bengkulu yang telah berhasil menempuh masa studi dan meraih gelar sarjana dan pasca sarjana. Selama masa pandemi UT Bengkulu memberikan layanan wisuda berupa wisuda online atau dalam jaringan (daring). Setelah beberapa waktu modus penyelenggaraan wisuda daring dilaksanakan, bertepatan pada hari Selasa 18 Oktober 2022 pukul 08.00 UT Bengkulu telah menyelenggarakan Wisuda Daerah secara tatap muka yang diselenggarakan di Grage Hotel Bengkulu, pada penyelenggaraan wisuda kali ini diikuti sebanyak 488 wisudawan yang hadir secara tatap muka dan 84 orang yang mengikuti dalam jaringan (daring).

Penyelenggaraan wisuda daring tetap dilaksanakan untuk memfasilitasi para wisudawan yang belum melakukan vaksin covid-19 atau baru melakukan vaksin covid – 19 tahap pertama, dan pihak UT Bengkulu memastikan yang hadir secara tatap muka telah melakukan vaksin booster atau minimal telah melakukan vaksin tahap kedua serta melampirkan bukti swab antigen untuk mengikuti Wisuda Daerah.

Dengan mengusung tema kegiatan “Bangkit dan maju bersama dalam tatanan baru UT PTNBH”, sukses digelar, Wisuda Daerah kali ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Terbuka yaitu Ibu Dr. Subekhti Nurmawati, M.Si. yang mewakili Rektor Universitas Terbuka, dalam sambutannya Beliau menyampaikan selamat dan sukses atas diraihnya gelar dan jenjang pendidikan setingkat lebih tinggi dari sebelumnya, para lulusan Universitas Terbuka, merupakan lulusan dari Universitas yang berkualitas, dengan basis cyber university serta layanan akademik yang berbasis Learning Management System (LMS). Selain Dekan FST dalam kesempatan ini turut serta Direktur Universitas Terbuka Bengkulu memberikan sambutan dan selamat bagi para wisudawan, dalam penyampainnya Beliau mengatakan Universitas Terbuka merupakan Universitas yang terus berinovasi dan bertransformasi dalam menjawab tantangan teknologi di masa depan agar dapat menjangkau semua lapisan masyarakat untuk mengenyam Pendidikan Tinggi.

Pada kesempatan Wisuda Daerah kali ini UT Bengkulu selalu mengupayakan peningkatan Kualitas pelayanan Pendidikan Tinggi dalam bentuk penjalinan kerja sama dengan beberapa instansi daerah dengan tujuan tercapainya peningkatan jumlah mahasiswa di setiap kabupatennya serta penyediaan fasilitas layanan belajar, dalam hal ini Universitas Terbuka Bengkulu telah melakukan perjanjian kerjasama (PKS) dengan instansi – instansi sebagai berikut.

  1. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur
  2. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan
  3. Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Bengkulu
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Bengkulu

Wisuda daerah kali ini menorehkan cerita yang mendalam baik cerita suka serta duka baik itu bagi para wisudawan ataupun para keluarga, seperti cerita duka yang menyelimuti keluarga wisudawan atas nama Yulia Charinda (030478621) Program Studi Ilmu Komunikasi, Saudari Yulia Charinda wafat pada 20 Juni 2022 atau satu minggu setelah mengumpulkan persyaratan ijazah yang disebabkan oleh penyakit tipus dan asam lambung yang dideritanya, ijazah almarhumah secara langsung diserahkan oleh Direktur UT Bengkulu dan Dekan FST UT kepada kedua orang tua sebagai apresiasi dari UT Bengkulu kepada almarhumah.

Penyelenggaraan wisuda daerah diharapkan menjadi salah satu wujud layanan akademik kepada para mahasiswa. Dengan diperolehnya gelar dan ijazah kedepannya para alumni dapat menjadi lulusan yang berkompeten serta mampu bersaing dan memberikan manfaat ditengah masyarakat.

WhatsApp Live Chat