Pelatihan Pembuatan Conten Digital bagi Mahasiswa Universitas Terbuka Bengkulu

Era digital saat ini telah memudahkan manusia saling berinteraksi dan berkomunikasi sangat dekat walaupun dalam jarak yang berjauhan. Masa ini semua orang dapat mengetahui informasi tertentu dari seluruh pelosok dunia bahkan dalam waktu yang bersamaan. Banyak sekali manfaat yang dirasakan era digital saat ini, antara lain mudahnya berkomunikasi dengan sesama saudara dan teman melalui berbagai media sosial tanpa batas waktu dan wilayah. Selain itu, perkembangan digitalisasi di masa ini juga membawa banyak perubahan dalam hal transaksi jual beli konvensional yang beralih menjadi transaksi jual beli berbasis digital.

Pesatnya perkembangan digital ini juga mendorong banyak orang dalam menghasilkan karya berbasis digital, bahkan karya ini pun dapat dijual untuk berbagai keperluan dan kepentingan, misalnya untuk menjual suatu produk seseorang membutuhkan video, poster atau gambar dari produknya agar bisa disebarluaskan ke banyak orang secara online melalui berbagai media sosial. Tidak hanya itu, dewasa ini dunia pendidikan juga membutuhkan digital creator baik seorang guru untuk membuat media pembelajaran, siswa membuat tugas belajar serta civitas akademik yang membantu proses pembelajaran dalam jaringan sehingga tercapai tujuan pembelajaran tersebut. Untuk menghadapi tantangan inilah, Universitas Terbuka Bengkulu telah mengadakan Pelatihan Pembuatan Content Digital Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka Bengkulu pada hari Sabtu tanggal 06 Februari 2021 secara daring melalui Zoom.

Pelatihan Pembuatan Content Digital (PPCD) 2021 telah dilaksanakan mulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 15.00 WIB dengan menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya; yaitu Pelatihan Pembuatan Poster oleh Parlindungan Siregar (Creative Spesialist di Google Indonesia), Pelatihan Pembuatan Video oleh Satria Haris (Brand Activator) dan Pembuatan Vlog oleh Jonan_55 (Video Creator/Selebgram) yang disambut antusias oleh para peserta pelatihan.

Menurut Direktur Universitas Terbuka Bengkulu, Ibu Dr. Yumiati, M.Si pelatihan ini diadakan untuk membekali mahasiswa UT Bengkulu dalam mengembangkan kemampuan kompetensi digital terutama terampil dalam membuat konten digital dalam bentuk poster, vlog, atau video. Bekal kompetensi ini tentu saja untuk dapat diterapkan minimal ketika mahasiswa mengikuti kuliah dalam membuat projek yang laporannya dalam bentuk vlog, video ataupun poster. Tidak menutup kemungkinan untuk jangka panjang ke depannya mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya membuat konten digital untuk mengembangkan bisnis-bisnisnya.

PPCD 2021 ini telah diikuti oleh 119 Peserta yang terdiri dari mayoritas mahasiswa UT Bengkulu dan beberapa mahasiswa Non UT Bengkulu. Manager BBLBA sekaligus Ketua Panitia PPCD, Ibu Dwi Kristanti, S.Sos.M.PA menyampaikan pada para peserta bahwa UT Bengkulu akan mengapresiasi hasil karya para peserta yang dijadikan sebagai tugas pada pelatihan ini dengan memilih 3 (tiga) karya terbaik, 1 (satu) karya like terbanyak, dan 10 (sepuluh) karya yang taq tercepat di media sosial akan diberikan hadiah dari UT Bengkulu. Bukan hanya itu saja, salah satu narasumber Bapak Satria Haris, M.Sn ikut mengadakan challenge dan berjanji akan memberikan hadiah pada para peserta yang menghasilkan karya terbaik sehingga semakin membangkitkan semangat para peserta dalam menghasilkan karya terbaik.

Dalam sambutannya, Ibu Dwi Kristanti, S.SOs., M.PA juga menyampaikan bahwa tujuan akhir dari pelatihan ini agar para peserta memiliki kemampuan dan keahlian dalam membuat konten digital yang nantinya menjadi dasar sebelum mengikuti Pelatihan kemahasiswaan tahap kedua yang direncanakan akan dilaksanakan selanjutnya. UT Bengkulu memberikan waktu 1 (satu) minggu dari saat pelaksanaan pelatihan 06 Februari 2021 hingga tanggal 12 Februari 2021 pada para peserta agar dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan dengan baik.

 

 

WhatsApp Live Chat