Pelatihan Tutor Tuweb Masa 2021.2 Oleh Unit Pengembangan Profesi (UPP), UT Bengkulu dan UT Malang

Universitas Terbuka selalu berkomitmen memberikan layanan bantuan belajar terbaik pada mahasiswa sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kondisi masing-masing. Salah satunya menyediakan layanan bantuan belajar Tutorial Berbasis Web (TUWEB) pengganti Tutorial Tatap Muka sebagai upaya menghadapi pandemi sejak awal tahun 2020. TUWEB merupakan tutorial tatap maya antara mahasiswa dengan tutor sebagai media komunikasi yang bertujuan menjembatani mahasiswa dalam proses pembelajaran guna memperluas, memperdalam, dan mempertajam pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang dipelajarinya.

Selanjutnya, menyediakan tutor yang kredibel dalam pembelajaran daring secara langsung (synchronous learning) merupakan tanggung jawab Universitas Terbuka. Untuk itu, Unit Pengembangan Profesi (UPP) Universitas Terbuka bekerja sama dengan UPBJJ UT Bengkulu dan UPBJJ UT Malang mengadakan Pelatihan Tutor (PATUT) dalam jaringan sebagai upaya meningkatkan kualitas tutor dan menjadikan tutor professional dalam pembelajaran jarak jauh.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, UPP UT berkoordinasi dengan UPBJJ UT Bengkulu dan UPBJJ UT Malang telah mengundang sebanyak 377 peserta tutor yang terdiri dari 275 tutor dari UPBJJ UT Bengkulu, dan 102 tutor dari UPBJJ UT Malang. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dimulai sejak tanggal 01 Oktober 2021 hingga 03 Oktober 2021 dan dibuka secara langsung oleh Kepala Unit Pengembangan Profesi (UPP) Universitas Terbuka yaitu Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si.

Penyampaian materi Pelatihan Tutor ini melibatkan 7 (tujuh) instruktur yang berada pada room utama yaitu Dr. Sri Tatminingsih, M.Pd., Dr. Yumiati, M.Si., Dr. Lilik Sulistyowati, M.Pd, Yusrizal, M.Pd., Diki, S.Si., M.Ed., Ph.D., Dr. Adi Suryanto, M.Pd., dan Dr. Kartono, S.Pd., M.Si. Kegiatan pelatihan ini tidak luput dari kerja keras dan kerja ikhlas antar para narahubung dari pihak UPP yaitu Ibu Ami Pujiwati, S.E., M.Si yang berkoordinasi langsung dengan para Manajer Tutorial dan Bahan Ajar dari UT Bengkulu yaitu Ibu Dwi Kristanti, S.Sos., M.PA dan Manajer Tutorial dan Bahan Ajar dari UT Malang yaitu Ibu Soraya Habibi, S.Pd., M.Si.

Berkat kerjasama yang baik itu pula kegiatan pelatihan ini berjalan lancar ditandai dengan antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan tutor hingga seringkali tidak terasa waktu sudah habis tapi para peserta masih asyik berdiskusi dengan instruktur. Adapun materi yang telah disampaikan oleh para instruktur adalah tentang Konsep Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, Strategi belajar Mandiri dan Praktek, Pengembangan RAT dan SAT, Keterampilan Dasar Tutorial Berbasis Web, Ragam metode Pembelajaran, Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi dan Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar dalam Pembelajaran, dan Tugas Tutorial.

Untuk menguji kemampuan para tutor dalam memahami materi yang disampaikan oleh para instruktur, maka dipertemuan terakhir pelatihan dilaksanakan Praktik Tutorial Mini yang dibagi menjadi 12 kelas Breakoutroom yang melibatkan 12 instruktur di tiap kelasnya. Meskipun dalam pelaksanaannya terkendala teknis, namun tidak mengurangi semangat para peserta untuk tetap melakukan presentasinya dengan penampilan yang terbaik. Penilaian layak atau belum layaknya para peserta pelatihan tutor dinyatakan lulus apabila mencapai batas minimum nilai yang indikator penilaian terdiri dari disiplin (15%), komitmen (20%), Partisipasi/Keaktifan dalam Kelas (15%), Pengumpulan Tugas/Kit Tutorial Mini (25%), dan Praktek Tutorial Mini (25%). Peserta yang lulus adalah peserta yang dapat mencapai jumlah skor minimum 60, dan para peserta yang nilainya dibawah 60 maka dinyatakan tidak lulus dalam pelatihan ini.

Penyelenggaraan pelatihan ini merupakan bentuk usaha Universitas Terbuka dalam mempersiapkan diri untuk bisa menghasilkan para tutor yang sudah dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang Pembelajaran Jarak Jauh khususnya Tutorial Berbasis Web (Tuweb). Pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan bukti bahwa Universitas Terbuka selalu optimal dalam memberikan layanan untuk para mahasiswa yang memilih layanan bantuan belajar berupa Tutorial Berbasis Web. Harapan dari kegiatan ini adalah tutor dapat aktif dan kreatif dalam menyajikan materi sehingga memotivasi mahasiswa dan membantu mahasiswa agar lebih mudah memahami pelajaran tersebut.

WhatsApp Live Chat