PEMBEKALAN KOREKTOR TUGAS MATAKULIAH UPBJJ-UT BENGKULU

Pada masa 2020.2 ini Universitas Terbuka Kembali memberikan layanan Tugas matakuliah (TMK). Berbeda dari semester yang lalu, TMK saat ini bukan merupakan penganti Ujian Akhir Semester (UAS) akan tetapi hanya sebagai layanan bantuan belajar sama halnya dengan Tutorial Online (TUTON) dan Tutorial Tatap Muka (TTM)/Tutorial Webminar. Kontribusi setiap layanan belajar ini tentunya berbeda-beda yaitu Tutorial Tatap Muka (TTM)/Tutorial Webminar (50%), Tutorial Online (TUTON)/(40%) dan TMK berkontribusi (30%) dengan kententuan tetap mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) masa registrasi 2020.2 yaitu berupa Take Home Exam (THE). Informasi mengenai jadwal, bentuk soal dan pengerjaan THE akan diinformasikan kemudian.

Pola pemberian dan jadwal tugas TMK sama halnya dengan semester lalu yaitu dibagi menjadi 3 kali (Tugas 1, 2, dan 3) dengan jadwal Pengerjaan Tugas 1(9 October 2020 – 29 October 2020), Pengerjaan Tugas 2 (2 November 2020 – 9 November 2020) dan Pengerjaan Tugas 3 (13 November 2020 – 20 November 2020). Untuk mempersiapkan pengoreksian tugas-tugas yang akan diupload oleh mahasiswa yang mendapatkan TMK maka UT Bengkulu merekrut 33 korektor yang akan memeriksa Buku Jawaban Tugas (BJT) mahasiswa yang telah disebarkan sesuai dengan kompetensi ilmu dan matakuliah ampuan korektor yang bersangkutan. Matakuliah yang akan dikoreksi tersebut ada 84 (delapan puluh empat) matakuliah yang akan dikoreksi dengan BJT yang jumlahnya berbeda-beda setiap korektornya.

Untuk membekali korektor dalam melaksanakan tugas pengoreksiannya maka dilakukanlah penyamaan persepsi mengenai tujuan TMK, cara penilaian dan tentunya hasil evaluasi korektor pada masa sebelumnya. Acara penyamaan persepsi tersebut dilakukan secara daring melalui Ms. Teams pada tanggal 28 Oktober 2020 pada pukul 14.00 WIB. Acara diawali dengan kata sambutan dan penyampaian pembukaan acara oleh direktur UPBJJ UT Bengkulu, Dr. Yumiati.,M.Si, dilanjutkan pemaparan oleh Manager Registrasi dan Ujian (REGJIAN), Hasrul Izwan.,S.IP mengenai rambu-rambu dalam pelaksanaan pengoreksian TMK, Praktik mengenai fitur-fitur aplikasi TMK yang disampaikan oleh Rozi Syahfutra, S.E. dan ditutup dengan pola dan cara penilaian oleh M Jeffri Arlinandes Chandra.,M.H.

Setelah itu dilakukan diskusi dan tanya jawab mengenai pelaksanaan TMK. Acara tersebut ditutup dengan ucapan permintaan Kerjasama yang baik dalam pelaksanaan TMK pada masa registrasi 2020.2 oleh Manager Registrasi dan Bahan Ujian (REGJIAN) kepada seluruh korektor yang telah dipilih oleh UPBJJ UT Bengkulu.

WhatsApp Live Chat