Jenjang Sarjana (S1)

Langkah 1 :

Gali Informasi Tentang Universitas Terbuka (UT) Secara Lengkap. Klik : www.ut.ac.id

Langkah 2 :

Tentukan Program Studi yang Anda Minati. Klik : www.ut.ac.id/akademik

Langkah 3 :

Ketahui Rincian Biaya Pendidikan di Universitas Terbuka. Klik : www.ut.ac.id/biaya-pendidikan

Langkah 4 :

Download Brosur S1 - UT Bengkulu : Download Disini

Langkah 6 :

Persyaratan Umum

  1. Fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir (1 lembar)
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) (1 lembar)
  3. Pas foto 4 × 6 (1 lembar cetak)
  4. Pas foto 4 × 6 (Softcopy)
  5. Materai 10.000 (1 lembar)
  6. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa Universitas Terbuka (F-1E AM01-RK10-RII.6 - Download).
  7. Mengisi Formulir Isian Pas Foto, dan Tanda Tangan Mahasiswa UT (AM01_RK04c_RII.2 - Download)
  8. Mengisi Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (Download)

Tambahan persyaratan untuk FKIP

  • Telah bekerja sebagai guru minimal 1 tahun (melampirkan surat keterangan mengajar (SKM) dari kepala sekolah)

Tambahan persyaratan untuk PGSD & PGPAUD

  • Telah bekerja sebagai guru minimal 1 tahun (melampirkan surat keterangan mengajar dari kepala sekolah)
  • Fotokopi SK CPNS / Yayasan
  • Form Penilaian Kinerja Guru (Download)

Tambahan persyaratan untuk PGSD & PGPAUD BI

  • Mengisi Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen (Download)

Tambahan persyaratan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Berkas Pendaftaran RPL Skema Transfer SKS
  • Scan Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen bermaterai Rp. 10.000,-(Download)
  • Scan Formulir Tanda Tangan Mahasiswa UT(Download)
  • Scan Formulir Daftar Riwayat Hidup(Download)
  • File Digital Pas Foto terbaru berwarna ukuran 3x4
  • Scan KTP asli (berwarna) / surat perekaman yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Scan hasil Fotocopy Ijazah Terakhir (Legalisir Cap Basah)
  • Scan hasil Fotocopy Transkrip Nilai (Legalisir Cap Basah)
  • Scan Surat Keterangan mengikuti perkuliahan dan daftar nilai mata kuliah dari perguruan tinggi asal yg dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (perguraun tinggi/L2DIKTI) bagi calon mahasiswa yang tidak/belum lulus Diploma dan Sarjana
  • Berkas Digital SK/Sertifikat Akreditasi Prodi dari BAN PT
  • Screenshot data calon Mahasiswa dari laman pddikti.kemdikbud.go.id bagi lulusan Diploma / sarjana
Berkas Pendaftaran RPL Skema Perolehan SKS
  • Scan Formulir Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen bermaterai Rp. 10.000,-(Download)
  • Scan Formulir Tanda Tangan Mahasiswa UT(Download)
  • File Digital Pas Foto terbaru berwarna ukuran 3x4
  • Scan KTP asli (berwarna) / surat perekaman yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Scan ijazah SLTA atau sederajat/Paket C/Diploma/Sarjana asli dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (Perguruan Tinggi/Dinas Pendidikan Propinsi/L2DIKTI)
  • Scan satu dokumen atau lebih:
    • sertifikat kursus/pelatihan yang dikeluarkan oleh Lembaga Kursus & Pelatihan (LKP) / yang setara berisi / dilengkapi dengan capaian pembelajaran/kompetensi kursus/pelatihan, nama mata pelatihan, & jumlah jam kursus/pelatihan (non formal).
    • bukti pengakuan masyarakat/penghargaan/prestasi minimal tingkat kabupaten/kota terkait dengan kompetensi yang dimiliki (informal).
    • bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan/SK/logbook (buku catatan)/rekomendasi atau dokumen lainnya yang membuktikan bahwa pemohon telah memiliki pengalaman/keahlian/pengetahuan tertentu yang relevan dengan kualifikasi pemohon sesuai kompetensi yang diharapkan

Langkah 7 :

Silahkan Membaca Panduan Tertulis Tentang Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universitas Terbuka, Cara Pembayaran,  Cara Registrasi Mata Kuliah, dan Login Sistem Melalui Link Berikut ini :

Langkah 8

Selamat Anda sudah sampai tahap akhir, silahkan lakukan pendaftaran online Universitas Terbuka.

Silahkan Langsung Klik Tombol dibawah ini :

Bila Anda menemui kendala dalam melakukan pendaftaran secara online, silahkan hubungi Nomor Layanan UT Bengkulu untuk Tanya Jawab Pendaftaran Mahasiswa Baru Masa 2023.1 :

Whatsapp (WA) : 0811-7317-925
FB 1 : UPBJJ-UT Bengkulu
FB 2 : Universitas Terbuka Bengkulu
IG : @universitas_terbuka_bengkulu
Website : www.bengkulu.ut.ac.id

Jenjang Pascasarjana (S2)

Pendaftaran Pascasarjana

LANGKAH 1 :

Gali Informasi Tentang Universitas Terbuka (UT) Secara Lengkap. Klik : www.ut.ac.id

LANGKAH 2 :

Tentukan Program Studi yang Anda Minati. Klik : www.ut.ac.id/akademik

LANGKAH 3 :

Ketahui Rincian Biaya Pendidikan di Universitas Terbuka. Klik : www.ut.ac.id/biaya-pendidikan

LANGKAH 4 :

Download Brosur S2 - UT Bengkulu : Download Disini

LANGKAH 5 :

Periode Pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Klik : Kalendek Akademik PPS

Langkah 6 :

Silahkan unduh persyaratan S2 dengan klik link dibawah ini

Download

Silahkan unduh persyaratan S3 dengan klik link dibawah ini

Download

Langkah 7 :

Silahkan Membaca Panduan Tertulis Tentang Cara Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Universitas Terbuka, Cara Pembayaran,  Cara Registrasi Mata Kuliah, dan Login Sistem Melalui Link Berikut ini :

DAFTAR PANDUAN PENDAFTARAN LENGKAP

Langkah 8

Selamat Anda sudah sampai tahap akhir, silahkan lakukan pendaftaran online Universitas Terbuka.

Silahkan Langsung Klik Tombol dibawah ini :

Bila Anda menemui kendala dalam melakukan pendaftaran secara online, silahkan hubungi Nomor Layanan UT Bengkulu untuk Tanya Jawab Pendaftaran Mahasiswa Baru.

Whatsapp (WA) : 0811-7317-925
FB 1 : UPBJJ-UT Bengkulu
FB 2 : Universitas Terbuka Bengkulu
IG : @universitas_terbuka_bengkulu
Website : www.bengkulu.ut.ac.id