PEREKRUTAN ANGGOTA PADUAN SUARA MAHASISWA (PSM) RAFFLESIA UNIVERSITAS TERBUKA BENGKULU

Perekrutan merupakan suatu cara untuk meregenerasi baik dari sumber daya manusia (SDM) nya, suasana yang akan tercipta dan menggali potensi-potensi baru. Tentu bukan hanya perusahaan-perusahaan saja yang melakukan perekrutan, organisasi juga tak mau ketinggalan langkah. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Rafflesia Universitas Terbuka (UT) Bengkulu merupakan organisasi yang bergelut dengan olah vocal (bidang tarik suara) dan musik tentunya .

Mengawali tahun 2021, PSM Rafflesia membuka peluang bagi mahasiswa UT Bengkulu yang ingin dan belum bergabung sebelumnya. Dengan latar belakang mencari dan meregenerasi anggota baru, menyempurnakan susunan suara dan mewadahi bakat musik dan tarik suara mahasiswa UT Bengkulu. Tujuannya menjaring vocal terbaik dan melihat potensi dari mahasiswa UT Bengkulu yang sangat luar biasa ini.

Persiapan perekrutan yang dilakukan sangat baik dan sangat terorganisir dengan baik pula, sesuai protokol kesehatan mengingat perekrutan ini dilakukan dalam masa pandemi. Mulai dari rapat panitia, pembentukan team work, penentuan jadwal seleksi yang akan terselenggara di tanggal 13 – 14 Januari 202, pembuatan brosur, pembuatan video menarik, serta penyebaran brosur dan video di media sosial. Tak hanya sampai disitu saja, persiapan teknis pun juga tak luput dari perhatian. Mulai dari persiapan ruangan, pembagian posko, pembagian tugas dan persiapan materi pengujian.

Kegiatan audisi rekrutmen anggota PSM Rafflesia UT Bengkulu dilakukan dua metode, yaitu secara langsung dengan metode tatap muka di Aula Kantor UT Bengkulu dan via online menggunakan applikasi zoom. Sebelum memulai rangkaian kegiatan, panitia seleksi memulai dengan briefing terlebih dahulu dilanjutkan dengan doa setiap memulai kegiatan dan evaluasi di akhir sesi audisi. Saat kegiatan audisi berlangsung, peserta menghadapi posko vocal yang dipimpin langsung oleh pelatih terkece pak Gutman Togatorop dan dibantu oleh Tiara. Selanjutnya posko wawancara beranggotakan Adit, Delfi, Adisti, dan Nesmi, dan semua anggota PSM yang turut andil membantu proses seleksi.

Tak disangka banyak sekali respon positif yang didapatkan dalam kegiatan audisi ini, 40 peserta yang berasal dari berbagai daerah baik di dalam maupun luar kota Bengkulu ikut berpartisipasi dalam seleksi anggota PSM Rafflesia UT Bengkulu. Hasilnya, 17 perserta terbaik terpilih menjadi anggota baru PSM Rafflesia UT Bengkulu dari 40 peserta yang sangat luar biasa. Dengan bergabungnya peserta baru, diharapkan prestasi yang diukir lebih baik lagi ke depan dan mengharumkan nama UT Bengkulu di kancah Nasional. Aamiin.

 

WhatsApp Live Chat