Rangkaian Kegiatan LPKBJJ Sambut Mahasiswa Baru UT Bengkulu 2021

Sabtu, 25 September 2021 telah diselenggarakannya kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka Bengkulu. Kegiatan OSMB ini diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) melalui link zoom sl.ut.ac.id/lpkbjj yang berlangsung dari pukul 08.00 – 13.00 WIB. Kegiatan OSMB merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang terdiri dari kegiatan OSMB dan PKBJJ.

Pada kegiatan OSMB mahasiswa terlebih dahulu diperkenalkan dengan sistem belajar di Universitas Terbuka, menjadi mahasiswa yang mandiri dan tangguh dalam belajar, pada kegiatan OSMB ini diikuti oleh kurang lebih 959 mahasiswa baru dari 1538 mahasiswa baru yang terdaftar. Dalam sambutannya Bapak Yusrizal, M.Pd selaku Direktur UT Bengkulu menyampaikan bahwa, kegiatan OSMB ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan dunia perkuliahan di Universitas Terbuka Bengkulu agar para mahasiswa tidak terkejut dan mampu mempersiapkan diri dalam menjalani perkuliahan di Universitas Terbuka.

Kegiatan lanjutan setelah OSMB adalah kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang diselenggarakan pada Hari Minggu 26 Oktober 2021 dari jam 08.00 – 15.00 di link zoom yang sama. Pada kegiatan PKBJJ ini sistem pelatihan secara daring terbagi menjadi 13 breakout room dengan setiap roomnya berjumlah 60 – 80 peserta dengan keseluruhan jumlah peserta sebanyak 1088, pembagian breakout room ini bertujuan agar para instruktur pelatihan dapat lebih fokus kepada para peserta dan dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana keterampilan mengelola waktu, keterampilan merekam hasil baca, keterampilan mengakses layanan UT Online hingga tips sukses tutorial online dan UAS.

Pada praktekknya para mahasiswa merespon dengan baik rangkaian kegiatan PKBJJ ini, terbukti dengan begitu antusiasnya para peserta dalam mengajukan pertanyaan dan membagikan pengalaman mereka saat mengakses layanan UT Online, beberapa kendala juga turut mereka sampaikan saat pelatihan tersebut seperti kendala saat mengakses log in layanan tutorial online dan bentuk kelas online seperti apa yang tersedia di tutorial online yang langsung dijawab dan diselesaikan kendalanya oleh para instruktur.

Terakhir saat penutupan kegiatan PKBJJ Direktur UT Bengkulu menyampaikan agar para mahasiswa mampu mengaplikasikan apa yang telah didapatkan saat PKBJJ karena keterampilan yang telah didapatkan merupakan bekal yang sangat penting bagi para mahasiswa guna menjadi mahasiswa yang mandiri, terampil dan tangguh dalam belajar.

 

WhatsApp Live Chat