Secara Daring, UT Bengkulu Melaksanakan Pembekalan Tutor

Universitas Terbuka (UT) Bengkulu kembali melaksanakan pembekalan kepada para tutor dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Tutorial berbasis Web (Tuweb) masa registrasi 2020.2. Pembekalan tutor ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 28 – 29 Oktober 2020. Pembekalan yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom ini, diikuti oleh 370 orang tutor yang terlibat dalam pelaksanaan tutorial mahasiswa UT Bengkulu masa registrasi 2020.2. Seperti yang diketahui, salah satu bentuk layanan bantuan belajar bagi mahasiswa UT adalah tutorial yang dulu dilakukan secara tatap muka langsung (TTM) dikelas-kelas tetapi sekarang dilaksanakan secara daring. Tutor yang membawa peran penting dalam membimbing mahasiswa dalam kegiatan tutorial diharapkan mampu untuk melaksanakan proses tutorial sesuai dengan arahan dan kebijakan yang diberikan oleh UT Bengkulu.

Dalam sambutannya, Ibu Dr. Yumiati, M.Si selaku Direktur UT Bengkulu memberikan gambaran umum tentang pelaksanaan kebijakan baru yang harus dilakukan oleh tutor dalam kegiatan tutorial yang sebentar lagi mulai dilaksanakan. Tutorial berbasis Web yang dilakukan UT Bengkulu sekarang tidak hanya menggunakan Aplikasi MS. Teams saja seperti semester sebelumnya, tetapi ada modus tambahan baru yang harus dipersiapkan oleh para tutor yaitu Learning Management System (LMS). LMS ini merupakan media pembelajaran secara Asyncrhonous anatara mahasiswa dengan tutornya. Pada halaman LMS ini tutor wajib menyajikan materi, diskusi dan tugas yang akan diakses oleh mahasiswa.

Hari pertama pada pembekalan tutor ini diisi dengan kebijakan umum terkait teknis pelaksanaan tutorial yang harus dipahami oleh para tutor, dilanjutkan dengan penyampaian hasil evaluasi Tutorial semester sebelumnya, serta materi tentang teknis penggunaan aplikasi MS. Teams dan penggunaan media Learning Managenent System (LMS). Pada pelaksanaan hari kedua pembekalan tutor ini dilakukan proses sharing dan tanya jawab dengan para tutor terkait pelaksanaan kebijakan baru tutorial pada UT Bengkulu. Antusias tutor dalam mempersiapkan pelaksanaan tutorial ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para tutor.

Bahkan tutor meminta tambahan pembekalan yang kemudian disebut klinik tutorial, sebagai ajang tanya jawab tutor berkaitan pelaksanaan tuweb ini. Akhir kata semoga dengan dilaksanakanya pembekelan tutor ini bisa mensukseskan pelaksanaan Tutorial UT Bengkulu pada masa registrasi 2020.2 dengan harapan membekali dengan matang pemahaman materi bagi mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) nanti.

WhatsApp Live Chat