Universitas Terbuka Bengkulu Adakan Klinik dan Sosialisasi Persiapan UAS/THE

Ujian Akhir Semester merupakan salah satu kegiatan yang tidak kalah penting dari rangkaian proses belajar para Mahaasiswa Universitas Terbuka. Ujian Akhir Semester adalah tolak ukur keberhasilan belajar para Mahasiswa selama satu semester, yang tentunya hal tersebut tidak semata-mata berorientasi ke hasil akhir UAS tetapi juga ke proses belajar yang dilakukan oleh Mahasiswa selama ini.

Pada semester-semester lalu sebelum masa pandemi covid 19 Ujian Akhir Semester Universitas Terbuka di Selenggarakan secara tatap muka dikelas dengan model ujian tertulis pilihan ganda. Namun semenjak pandemi covid-19 melanda Universitas Terbuka mengeluarkan kebijakan untuk mengganti model Ujian Akhir Semester yang selama ini berbasis tatap muka menjadi ujian Take Home Exam (THE) dimana model THE ini diharapkan mampu mengakomodir hak dan kewajiban Mahasiswa dalam mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

UAS/THE ini merupakan model Ujian yang memungkinkan Mahasiswa dapat mengerjakan UAS dirumah, ditempat kerja ataupun dilokasi-lokasi yang mendapatkan jaringan internet sehingga dapat meminimalisir adanya kerumunan dan kontak fisik antar Mahasiswa. Munculnya UAS/THE ini tentunya menimbulkan pertanyaan dikalangan mahasiswa seputar pelaksanaan teknis, jenis soal dan waktu pengerjaan THE, oleh sebab itu untuk menampung beragam pertanyaan dari Mahasiswa seputar, Universitas Terbuka Bengkulu mengadakan Klinik dan Sosialisasi Persiapan THE yang dilakukan secara virtual melalui link zoom sl.ut.ac.id/klinikthe yang diadakan dari tanggal 21 Juni – 25 Juni 2021 pukul 14.00 – 16.00 WIB yang dibagi menjadi beberapa Pokjar (Kelompok Belajar) setiap harinya dan diisi oleh pemateri dari Direktur, Manajer Registrasi Ujian, Manajer Layanan Tutorial dan Bahan Ajar dan para Dosen Universitas Terbuka.

Dari penyelenggaraan klink UAS/THE ini mendapatkan respon beragam seperti munculnya pertanyaan-pertanyaan “Apakah UAS/THE dapat dikerjakan tulis tangan atau ketik?”, “Bagaimana jika terjadi kendala jaringan saat penyelenggaraan UAS/THE?”, “Bagi mahasiswa yang hanya mengikuti TMK apakah juga mengikuti UAS/THE?” dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya. Namun dari penyelenggaraan Klinik dan sosialisasi UAS/THE ini dapat dilihat bahwa Mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti klinik dan sosialisasi UAS/THE ini karna setiap penyelenggaraan Klinik UAS/THE selalu mendapat respon dan pertanyaan-pertanyaan yang beragam dari setiap Mahasiswa yang mengikutinya.

WhatsApp Live Chat