Universitas Terbuka Bengkulu Tanda Tangani Perjanjian Kerja Sama dengan Mitra

Rabu, 04 November 2021 pukul 13.30, bertempat di ruang kepala UPBJJ – UT Bengkulu, telah berlangsung penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Universitas Terbuka Bengkulu dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu serta Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA kota Bengkulu. Selain penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentu kesempatan ini menjadi kesemptan untuk bersilahturahmi antara Universitas Terbuka Bengkulu dengan pihak mitra.

Perjanjian Kerja Sama antara Universitas Terbuka Bengkulu Dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu memiliki maksud dan tujuan untuk pemanfaatan sarana dan prasarana milik daerah dalam bentuk Pinjam Pakai Gedung Sekolah Milik Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu berupa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di wilayah kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu yang ditujukan untuk pengembangan dan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh pada berbagai Program Studi yang ada di Universitas Terbuka

Adapun hal – hal yang disepakati oleh Universitas Terbuka Bengkulu dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu sebagai berikut.

  1. Universitas Terbuka Bengkulu dapat memperoleh data yang lengkap mengenai sarana dan prasarana gedung SLTA/Sederajat yang dibutuhkan terkait dengan proses pembelajaran mahasiswa Universitas Terbuka di Provinsi Bengkulu
  2. Universitas Terbuka Bengkulu memperoleh izin pemanfaatan sarana dan prasana yang akan digunakan.

Dalam kesapakatan tersebut diharapkan dapat mengakomodir dan menunjang kebutuhan sarana prasarana gedung sekolah SMA/Sederajat dalam penyelenggaraan kegiatan Tutorial Tatap Muka (TTM) tentunya ketika pandemi berakhir.

Mitra UT Bengkulu yang juga turut menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) adalah Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA kota Bengkulu, yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh Ketua Forum MKKS yaitu Dr. Bihanudin, S.Pd., M.Pd, dalam perbincangannya Bapak Dr. Bihanudin, S.Pd., M.Pd menyampaikan harapan agar PKS ini dapat terselenggara sesuai kesepakatan kedua belah pihak, mengingat calon mahasiswa yang berasal dari siswa/i tingkat SMA/SLTA sederajat sangat berpeluang untuk melanjutkan jenjang Pendidikan Tinggi di Universitas Terbuka Bengkulu.

Pada PKS ini memiliki maksud dan tujuan untuk dapat bersinergi dalam Peningkatan Sosialisasi dan Promosi kepada Siswa/Calon mahasiswa Universitas Terbuka di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masuk dalam keanggotaan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah yang berada di Kota Bengkulu. Surat Perjanjian ini ditujukan untuk memberikan Pengetahuan dan informasi kepada calon mahasisa Universitas Terbuka mengenai Pendidikan Tinggi Jarak Jauh pada berbagai Program Studi yang ada di Universitas Terbuka.

Dengan poin – poin yang disepakati adalah sebagai berikut

  1. Memperoleh data yang lengkap tentang informasi siswa yang akan selesai (lulus) pada Sekolah Menengah Atas (SMA).
  2. Mendapat bantuan dalam pelaksanaan sosialisasi dan promosi kepada siswa yang akan lulus pada Sekolah Menengah Atas (SMA).
  3. Mendapatkan bantuan koordinasi mengenai sarana dan prasarana terkait dengan proses pembelajaran maupun promosi Universitas Terbuka

Setelah Penandatangan PKS berlangsung, diakhir perbincangan dengan para mitra Bapak Yusrizal, M.Pd selaku kepala UPBJJ – UT Bengkulu menguntaikan harapan dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini dapat mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran di UT Bengkulu dalam hal memfasilitasi sarana dan prasarana berupa gedung sekolah, meningkatkan jumlah pendaftar dan jumlah mahasiswa Universitas Terbuka Bengkulu dan juga dapat memberikan timbal balik kerja sama yang baik antar pihak sesuai dengan apa yang disepakati dalam Perjanjian Kerja Sama yang telah di tanda tangani.

WhatsApp Live Chat