Kegiatan Audit Internal UT Bengkulu Berjalan Sukses

Dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di UT Bengkulu, Satuan Pengawas Internal (SPI) UT melakukan Audit Internal ke UT Bengkulu untuk memastikan bahwa kegiatan operasional telah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 12 hingga 16 Agustus 2019 dan dihadiri tim auditor internal SPI UT Pusat sebanyak 5 orang yakni Drs. Yun Iswanto, M.Si sebagai Pengendali Teknis, Drs. Abzeni, MA sebagai ketua serta Ahmad Binadi, SE, Johanes Bambang Soelistiono, S.IP dan Herlina Situmeang, SE sebagai anggota.

Audit internal ini dibuka secara langsung oleh Direktur UT Bengkulu Ibu Dr. Yumiati, M.Si dan Ketua tim auditor Bapak Drs. Abzeni, MA. Dalam sambutannya, Ibu Dr. Yumiati menyampaikan terima kasih kepada tim auditor dan berharap dapat memberikan perbaikan pengelolaan UT Bengkulu kedepannya. Acara kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua tim auditor yang menyampaikan pesan agar UT Bengkulu tidak perlu “takut” saat kegiatan audit ini berlangsung. Seyogyanya audit ini bertujuan untuk memperbaiki yang kurang baik dan sebagai persiapan untuk menyambut auditor eksternal.

Kegiatan audit kali ini mencakup bidang keuangan, sumber daya manusia dan asset dari tahun 2018 hingga Juli 2019. Seluruh pegawai dan staf UT Bengkulu turut berpartisipasi dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan auditor. Dokumen pembukuan buku kas, buku bank, buku pajak serta rekening koran maupun laporan-laporan pelaksanaan kegiatan baik itu kegiatan sosialisai dan promosi, OSMB, tutorial/praktik/praktikum, ujian, UPI serta pengadaaan barang dan jasa sudah disiapkan UT Bengkulu.

Hasil audit diumumkan tim auditor pada hari terakhir dan dihadiri seluruh tim auditor SPI, Kepala dan Staf UT Bengkulu. Dalam sambutannya, Drs. Yun Iswanto, M.Si menyampaikan apresiasi kepada UT Bengkulu karena tim auditor hanya menemukan sedikit kekurangan dibandingkan tempat lain. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan UT Bengkulu. Beberapa masukan yang disampaikan auditor disambut baik oleh UT Bengkulu dan segera ditindaklanjuti. Salah satu diantaranya keberadaan kolam resapan air yang berada dibelakang gedung UT Bengkulu. Kondisi kolam yang belum terawat dengan baik disarankan untuk ditata ulang dan dijadikan taman sebagai tempat mahasiswa berkumpul untuk mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang sifatnya akademik maupun non akademik. Dr. Yumiati MSi selaku Direktur UT Bengkulu menyampaikan terimakasih kepada tim auditor atas masukan-masukan yang diberikan serta kepada seluruh pegawai dan staf UT Bengkulu atas kerjasama dalam menjalankan kegiatan operasional di UT Bengkulu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Masukan-masukan yang disampaikan tim auditor SPI merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi UT Bengkulu dalam berbenah dan perbaikan di masa yang akan datang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *