PROFIL – KEPALA UPT UPBJJ UT BENGKULU

Dr. Yumiati, M.Si

“Hidup sebagai ladang ibadah dan bermanfaat bagi orang lain” demikian motto  Dr. Yumiati, M.Si., Kepala UPBJJ-UT Bengkulu periode tahun 2017 – 2021. Sosok dengan panggilan “Yumi” ini lahir di Jakarta pada tanggal 31 Juli 1965.

Tampilannya yang kelihatan serius ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikannya. Dari S1 sampai S3, Dr. Yumiat, M.Si. mengambil jurusan Matematika. Gelar sarjananya di peroleh di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta yang sekarang bernama UNJ (Universitas Negeri Jakarta) pada tahun 1989 pada program studi Pendidikan matematika. S2 ditempuhnya di Universitas Gajah Mada (UGM) dan mendapat gelar master pada tahun 2000 dengan program studi Matematika. Sementara itu, gelar Doktor diperolehnya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada tahun 2015 dengan program studi yang sama yaitu Pendidikan Matematika. Bahkan suaminyapun memiliki latar belakang yang sama yaitu dari S1 sampai S3 berasal dari program studi Pendidikan Matematika.

Wanita yang pernah mendapat penghargaan dosen berprestasi peringkat pertama UT pada tahun 2009 ini memulai karirnya di UT sebagai dosen biasa pada tahun 1991. Selanjutnya pada tahun 2000 sampai 2004, beliau diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UT. Masyarakat  FKIP-UT kembali memberi kepercayaan kepada beliau untuk menjabat sebagai Sekretaris Jurusan PMIPA  pada tahun 2004 sampai 2008. Dan sebelum beliau mengambil studi S3, jabatan nya adalah Ketua Jurusan PMIPA FKIP-UT dari tahun 2008 sampai 2011. Sepulang dari studi S3 di Bandung, beliau terpilih menjadi anggota senat Fakultas dan senat Universitas pada tahun 2016. Dan terakhir pada tahun 2017 sampai sekarang, beliau diangkat sebagai Kepala UPBJJ-UT Bengkulu.

Sosok yang sangat suka makan bakso ini memandang mahasiswa Universitas Terbuka  khususnya di Bengkulu harus berani bersaing dengan mahasiswa lain dalam bidang apapun. Dengan bekal kemandirian belajar yang menjadi ciri khas sistem belajar di UT, serta dengan memanfaatkan Teknologi dan Informasi dalam setiap proses pembelajarannya dapat menjadikan mahasiswa UT memiliki kelebihan dibandingkan mahasiswa lain. Dr. Yumiati, M.Si. sangat berharap, di bawah kepemimpinannya UT di Bengkulu semakin lebih dikenal masyarakat luas, dan UT menjadi pilihan bagi generasi milenia untuk melanjutkan studi di perguran tinggi.

PROFIL – KEPALA SUB-BAGIAN TATA USAHA UPT UPBJJ UT BENGKULU

Lenie Desliesa, SE

Perempuan kelahiran Lubuk Linggau 29 Januari 1980 ini dilantik sebagai Kasubbag Tata Usaha pada UPBJJ-UT Bengkulu pada tanggal 30 Maret 2017 untuk periode 2017 sd 2021. “ Bekerja itu yang penting ikhlas dulu karena nilai dari ikhlas itu pasti akan ikut dengan sendirinya” itu prinsipnya dalam bekerja selama 15 tahun sudah mengabdikan diri di UPBJJ-UT Bengkulu, karena selama kita menganggap bekerja itu adalah kewajiban dan Ibadah kita kepada Allah SWT, Insyaallah semuanya akan selalu senang untuk dijalani.

Harapannya ke depan UT itu tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat, karena UT akan memberikan solusi bagi masyarakat dimanapun berada untuk menimba ilmu dan menjadikan UT sebagai pilihan terbaik dalam mengejar cita-cita dan harapan bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikan akan tetapi terkendala dengan waktu dan biaya, karena dengan kuliah di UT semua bisa berjalan berdampingan antara bekerja dan belajar. Semoga UT akan selalu menjadi kebanggaan bagi kita semua.